Avatar

Paqita Ayu Ahmadi

5 September 2020 pada 1:37 am

Permisi, Dok. Saya mau bertanya, saya memiliki penyakit kulit vitiligo dan saya bingung bagaimana cara mengobatinya. Apakah dokter ada saran saya harus bagaimana agar bercak putih di kulit saya pudar?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
5 September 2020 pada 12:40 pm

Halo kak Paqita,

Vitiligo terjadi ketika kulit tidak dapat memproduksi melanin atau senyawa yang menentukan warna kulit. Kondisi ini menyebabkan kulit tampak belang karena warna kulit asli akan hilang di area tertentu. Pada dasarnya, vitiligo bukan penyakit menular dan tidak berbahaya.
Namun, seringkali vitiligo membuat penderitanya kurang percaya diri karena penampilan warna kulit yang berbeda. Untuk mengatasinya, telah tersedia sejumlah pengobatan untuk merangsang sel melanosit agar kembali memproduksi melanin yang memperbaiki penampilan kulit.

Pengobatan vitiligo sendiri sangat beragam, mulai dari salep kortikosteroid utk membantu melanin diproduksi lagi, sampai ada terapi sinar UV.

Pengobatan vitiligo yang dilakukan sejak dini dan teratur akan lebih efektif. Maka itu, konsultasikan selalu dengan dokter spesialis sebelum merencanakan pengobatan agar bisa mendapatkan penanganan dan tindakan tepat sesuai kondisi kulit. Perlu diperhatikan bahwa sifat pengobatan vitiligo bukanlah menyembuhkan, melainkan hanya memperbaiki penampilan kulit.

Imbangi juga pengobatan dengan perawatan kulit vitiligo, contohnya menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi saat berkegiatan di luar rumah untuk melindungi kulit dari sinar ultravioletmatahari, serta hindari trauma fisik (luka atau goresan) dan paparan senyawa kimia tertentu.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.