Avatar

Derra Mitha

6 Juli 2021 pada 9:43 am

dok, apa konsumsi obat tertentu dapat memicu penyakit parkinson di masa depan? Apa penyebab parkinson yang umun dan khusus? Makasih dok

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
8 Juli 2021 pada 5:08 pm

Hai Kak Derra Mitha, terimakasih atas pertanyaannya.

Parkinson merupakan salah satu penyakit saraf yang dilandasi adanya ketidakseimbangan neurotransmiter di otak.

Banyak yang bertanya apakah ada obat yang menyebabkan Parkinson atau efek samping obat tertentu yang memicu gejala Parkinson.

Penyebab Parkinson secara umum adalah karena seseorang mengalami kekurangan kadar dopamin, yang menyebabkan kesulitan dalam mengontrol gerakan. Dopamin memiliki peran untuk mengirim sinyal ke bagian otak tertentu yang mengontrol koordinasi dan gerakan.

Beberapa pasien parkinsonisme (sekelompok gejala Parkinson) mengalami gejala tersebut karena beberapa faktor, termasuk efek samping dari obat-obatan tertentu.

Ini beberapa obat penyebab parkinsonisme:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu yang mengacaukan fungsi dopamin di dalam otak, contohnya efek samping obat antipsikotik.
  • Mengalami keracunan mangan, metanol, atau karbon monoksida.
  • Efek samping dari obat-obatan antihipertensi tertentu dan obat penghambat saluran kalsium dapat menyebabkan drug-induced parkinsonism (parkinsonisme yang diinduksi obat).
  • Selain itu, kondisi lain dapat menyebabkan parkinsonisme seperti mengalami cedera kepala berulang, gangguan degeneratif, komplikasi penyakit Wilson, kelainan otak struktural, gangguan metabolisme kronis, kondisi autoimun tertentu, dan lewy bodies atau gumpalan dalam sel otak.

Jadi, bila menggunakan obat antipsikotik, antihipertensi, dan obat lainnya harus sesuai dengan dosis yang disarankan dokter Anda. Mengonsumsi obat sembarangan dapat memicu efek samping lain.

Dalam kasus obat-obatan antipsikotik dan antihipertensi dapat memicu risiko parkinsonisme bila digunakan sembarangan atau tidak tepat. Obat akan berfungsi dengan baik dan minim efek samping bila pasien konsumsi sesuai dosis dan anjuran.

Semoga membantu ya. Baca selengkapnya tentang pengobatan Parkinson di sini.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.