Avatar

Desi Wulandari

12 Agustus 2021 pada 8:37 pm

Selamat malam dok,nama saya Desi Wulandari dari semenjak SMA saya ngalami nyeri haid yang sangat mengganggu. Bahkan saya tidak bisa beraktivitas ketika haid sudah datang. Seminggu sebelum haid saya sudah merasakan skit/nyeri dibagian perut sebelah kiri bawah sampai haid dihari ke dua juga masih sakit. Ketika nyeri haid dibarengi juga dengan mual dan muntah dok. Ketika hari pertama haid saya tidak makan sama sekali,karna setiap kali makan atau minum saya akan langsung muntah dok

Avatar

Desi Wulandari

12 Agustus 2021 pada 8:41 pm

Tapi ketika nyerinya bertambah sakit, saya akan makan dok. Karna dengan makan itu,saya akan muntah. Ketika saya muntah justru itu mengurangi nyeri pada perut saya dok. Lalu dok,ketika saya datang bulan hari pertama dimalam/sore hari saya akan merasakan nyerinya dikeesokan harinya dok. Tapi ketika datang bulan dipagi hari,maka hari itu juga akan langsung nyeri dok.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
17 Agustus 2021 pada 2:28 pm

Nyeri haid atau dismenore adalah nyeri atau kram di bagian bawah perut. Ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi sebelum atau selama menstruasi. Bahkan banyak wanita mengalaminya secara rutin, karena ketika haid, terdapat pelepasan zat prostaglandin dari dinding rahim ketika meluruhkan darah haid tersebut.

Ada dua jenis dismenore, yaitu
1. Dismenore Primer Dismenore primer adalah nama lain dari nyeri haid yang biasa terjadi. nyeri atau kram biasanya terjadi pada satu atau dua hari sebelum wanita mendapatkan menstruasi.

2. Dismenore Sekunder Dismenore sekunder adalah nyeri yang disebabkan kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan ini di antaranya, adenomiosis, endometriosis, fibroid rahim, atau infeksi.

Utk memastikan kakak mengalami tipe dismenore yang mana, kakak dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan setempat utk dilakukan pemeriksaan USG organ reproduksi.
Cara mengatasi dismenore secara alami dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan, di antaranya:
1. Olahraga Secara Teratur
2. Menggunakan Suhu Panas
Cara mengatasi dismenore yang cukup mudah dengan berendam di air panas atau menggunakan bantal pemanas, botol air panas atau kain kompres panas di perut bagian bawah dapat meredakan kram.
3. Suplemen Makanan
Beberapa suplemen seperti vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B-1 (thiamin), vitamin B-6, dan suplemen magnesium dapat mengurangi nyeri haid.
4. Mengurangi Stres
Stres secara psikologis dapat meningkatkan risiko kram menstruasi dan keparahannya. Oleh karena itu, kurangi stres Anda untuk meredakannya.

Baca lebih lanjut di DokterSehat: Dismenore: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan | https://doktersehat.com/dismenore-kram-menstruasi/

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.