Avatar

Singgih Dwitanto

8 Juli 2020 pada 9:42 am

Dok saya pria umur 30 tahun, dan sering mengalami mual dan batuk kering seperti tenggorokan gatal. Terutama jika setelah saya minum kopi di pagi hari. Gejala ini datang pergi sudah beberapa bulan. Ini kenapa ya dok dan bagaimana cara mengatasinya?

dr. Eko Budi

dr. Eko Budi

Dokter
8 Juli 2020 pada 6:01 pm

Halo, Singgih Dwitanto

Berdasarkan keluhan yang Anda jelaskan, rasa mual bisa disebabkan karena peningkatan asam lambung. Kopi adalah minuman yang memicu produksi asam lambung.

Asam lambung yang berlebihan juga dapat menimbulkan aliran balik/refluks ke kerongkongan yang disebut GERD (Gastroesofageal Reflux Disease). Gejala GERD umumnya ditandai dengan rasa panas atau nyeri di dada atau terasa seperti mau muntah. Apabila aliran asam lambung tadi masuk ke dalam tenggorokan/larynx, maka dapat menyebabkan rasa gatal dan batuk kering.

Berikut ini beberapa cara mengatasi asam lambuh di rumah:

  • Kurangi konsumsi kopi
  • Minum kopi 30 menit setelah sarapan
  • Jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong
  • Hindari kebiasaan berbaring atau tiduran setelah makan. Pastikan untuk beri jeda 1 jam setelah makan apabila ingin berbaring atau tidur

Obat asam lambung yang dapat dikonsumsi, yaitu seperti ranitidin. Kandungan obat ini mampu mengurangi produksi asam lambung.

Apabila keluhan berlanjut, segera periksakan diri ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Semoga bermanfaat dan cepat sembuh.

Terima kasih.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.