Avatar

Tiansi Parapat

31 Juli 2020 pada 9:12 pm

Selamat malam dok, saya mau bertanya mengenai haid.

Saya merasa aneh nih dok. Kenapa ya kalau saya sedang di kampung halaman, haid selalu teratur, tapi saat saya kembali merantau ke Medan jadi tidak teratur? Seperti bulan lalu itu saya haid, tapi bulan ini gak haid. Kondisi ini tergolong sering dok.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
3 Agustus 2020 pada 2:11 pm

Halo Kak Tiansi Parapat, Salam Sehat!
Terimakasih atas kepercayaannya untuk bertanya kepada kami.

Siklus menstruasi adalah siklus bulanan wanita untuk mempersiapkan tubuh menuju kehamilan.
Selama mempersiapkan kehamilan, setiap bulannya hormon mengatur agar dinding rahim menebal dan siap untuk ditanami embrio (embrio adalah pertemuan sel telur dan sprema yang pada akhirnya berkembang menjadi janin).

Apabila sel telur matang yang sudah dilepaskan di rahim tidak dibuahi, maka embrio tidak terbentuk, dan dinding rahim yang menebal akan luruh menjadi darah haid. Nah ada beberapa kondisi ketika hormon tidak dapat menyebabkan dinding rahim tidak menebal, di antaranya:

  1. Stres psikis
  2. Stres fisik (kelelahan)
  3. Konsumsi obat-obatan tertentu yang mempengaruhi hormon
  4. Adanya penyakit di area reproduksi seperti infeksi, sering keputihan bisa menjadi tanda
  5. Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntikan, implan, bahkan IUD

Konsekuensi dari dinding rahim yang tidak menebal adalah tidak adanya dinding rahim yang harus luruh menjadi darah menstruasi, sehingga seorang wanita tidak mengalami mens di bulan tersebut.

Coba ditelusur apakah Kak Tiansi mengalami dari salah satu hal di atas atau tidak.
Kalau Kak Tiansi ragu untuk ke dokter, coba diperbaiki dulu pola hidupnya. Beberapa yang bisa dilakukan yaitu perbanyak makan sayur dan buah, istirahat yang cukup (tidur 8 jam sehari dengan jam tidur optimal untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak adalah jam 20.00 – 04.00), dan olahraga yang cukup 2-3 kali seminggu.

Kalau dengan saran-saran yang sudah saya berikan tidak ada perbaikan, mungkin Kak Tiansi harus berkunjung ke Spesialis Kandungan untuk dicek USG saluran reproduksinya dan mendapatkan terapi yang tepat sesuai kondisi Kak Tiansi.

Salam sehat!

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.