Avatar

Dania Permatasari

14 April 2021 pada 8:07 am

Dok, saya setahun yang lalu pernah pakai softlens kan. Terus saya sudah berhenti. Waktu itu mata kiri saya ada bintik putih nya gitu. Sampai merah dan sering mengeluarkan air. Saya kemudian diberi resep dokter cendo xitrol. Saya pakai itu dua kali akhirnya bintik putih itu hilang dok.

Namun, beberapa bulan sekali saya kok sering merasa mata sebelah kiri saya kambuh nyeri gitu dok. Kadang keluar banyak air mata. Sampai buat melek susah, sensitif terkena cahaya, bahkan mengganggu keseimbangan saya saat naik motor, terkena angin juga sensitif. Saya kenapa ya dok? Sebulan yang lalu saya diberi resep cendo lyteers dan akhirnya rasa nyeri itu hilang. Tapi, saya sekarang merasa kambuh lagi dengan keluhan yang sama. Bagaimana solusinya dok?

Ini keluhan mata kiri saya saja dok, kalau mata kanan saya sejauh ini baik baik saja.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
14 April 2021 pada 3:17 pm

Halo Kak Dania,
seringkali pengguna soft lens mengalami peradangan di area kornea mata (jaringan bening di depan mata), yang disebut dengan keratitis.
Keratitis disebabkan oleh infeksi, cedera, penyakit, atau memakai lensa kontak terlalu lama.
Mata merah, nyeri, dan penglihatan kabur atau menurun merupakan gejalanya. Jika ada bintik putih, bisa saja diakibatkan juga oelh jamur, namun sebaiknya perlu pemeriksaan langsung. Perhatian medis segera diperlukan untuk menghindari kehilangan penglihatan. Penanganan berupa obat-obatan seperti antibiotik. Pada kasus yang jarang terjadi, obat antijamur digunakan. Karena beragamnya pengobatan yang diberikan dan harus disesuaikan dengan kondisi pasien, maka sebaiknya Kak Dania memeriksakan diri ke Dokter.
Sementara, jangan gunakan soft lens dulu, dan apabila Kak Dania sehari-hari menggunakan motor, sebaiknya mata tidak perlu menggunakan softlens.

Avatar

Dania Permatasari

15 April 2021 pada 5:08 am

Langsung ke dokter mata bukan ya dok? Soalnya saya pakai bpjs harus di faskes pertama saya dulu. Dan dokter di faskes pertama saya merupakan dokter umum dan saya ujung2nya selalu disuruh beli obat tetes mata lagi

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.