Avatar

SAUT PARDEDE

6 Agustus 2020 pada 1:08 pm

Dok, apa penyebab dan apa solusi untuk kondisi pada saat tidur sering mengalami kram pada kaki (paha bagian luar, betis dan jari-jari) dan jari tangan pada kaku tidak bisa ditekuk?

Kondisi ini lebih sering terjadi pada jam 01.00 dan 03.00 pagi. Biasanya dimulai dari rasa geli yang menjalar di bagian yang akan kram dan pada saat merubah posisi badan saat tidur maka akan terjadi kram. Biasanya diatasi mandiri dengan diurut perlahan dan atau jalan pelan-pelan.

Mohon maaf yang mengalami masalah ini adalah ibu saya yang berusia 78 tahun. Ibu saya mengalami kondisi ini sudah berlangsung kurang lebih 4 tahun. Mohon jawabannya dok

dr. Eko Budi

dr. Eko Budi

Dokter
10 Agustus 2020 pada 12:45 pm

Selamat malam,
apakah ibu memiliki penyakit lain semisal diabetes? gangguan ginjal? gangguan liver? atau asam urat?

dari keluhan yang anda bagikan, kram berulang pada otot kaki dan tangan dapat disebabkan karena gangguan saraf ataupun karena gangguan metabolisme (gangguan elektrolit darah, kadar ureum tinggi, kadar asam urat tinggi)

Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab kram

untuk meringankan gejala dpat dicoba mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium semisal susu karena dapat membantu kontraksi dan relaksasi otot. bila terasa nyeri dapat minum obat paracetamol dan vitamin B kompleks yang dijual secara umum di apotik

Silakan periksa ke dokter terdekat

terima kasih

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.