Avatar

Islah Udin

27 November 2020 pada 8:08 am

Hai dok?.
Apa benar seperti di iklan di tv.
Kalo batu giok hitam bisa buat kesehatan?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
28 November 2020 pada 8:06 am

Khasiat gelang batu giok hitam untuk kesehatan disebutkan berasal dari energi positif yang dipancarkannya. Energi positif tersebut dikatakan dapat menyerap racun dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga energi negatif yang jadi penyebab penyakit bisa keluar dari tubuh.

Meski begitu, sebetulnya klaim manfaat batu giok hitam atau disebut juga black jade belum terbukti valid secara medis. Sampai saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang secara khusus membahas manfaat dan cara kerja terapi batuan giok untuk kesehatan. Sekalipun ada, klaim manfaat batu giok masih bersifat empiris, alias hanya berdasarkan pengalaman pengguna.

klaim manfaat terapi batu giok hitam yang dirasakan beberapa penggunanya cenderung berasal dari efek plasebo, seperti dikutip dari hasil penelitian tim Goldsmiths College University of London dalam laman Livescience. Efek plasebo adalah efek psikologis yang muncul dan dirasakan seseorang setelah menggunakan obat atau suatu perawatan medis tertentu. Efek yang dihasilkan bisa positif, ataupun negatif

Efek plasebo seringkali disebut sebagai “obat kosong”. semoga membantu

Avatar

Islah Udin

29 November 2020 pada 10:09 pm

Terima kasih dok atas pejelasan nya?

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.