Avatar

Dwi Soetjipto

16 Oktober 2020 pada 5:33 am

Selamat pagi, dokter.
Ijin bertanya.
Dengan dihapuskannya kewajiban untuk rapid test saat melakukan perjalanan/penerbangan, apakah saat ini sudah bisa dikatakan aman (dapat dikendalikan) penularan COVID di perjalanan/penerbangan..?

Orangtua saya di Banjarmasin (usia 63 tahun) bermaksud untuk melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menjenguk kami.
Perjalanan menggunakan pesawat dari Banjarmasin ke Jakarta.

Jika dengan melakukan protap kesehatan (menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, mandi saat tiba di tujuan, mengisi formulir HAC, dll), apakah sudah dapat dikatakan minimal untuk terkena COVID..?

Mohon informasinya dan saran apa lagi yang hendaknya dilaksanakan agar orangtua kami dapat berkunjung ke rumah kami di Jakarta.

Demikian juga kami yang ingin menjenguk ibunda di Jogja, bagaimana protapnya di saat pandemi seperti sekarang?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
19 Oktober 2020 pada 12:04 pm

Halo, izin menjawab
untuk perjalanan dengan pesawat, setahu saya bukan rapid test syaratnya, namun dengan pemeriksaan swab tenggorok. coba dilihat lagi persyaratan di bandara.

kalau utk kereta api masih menggunakan rapid test.
Saat ini Covid-19 belum sepenuhnya dikatakan aman, karena vaksin masih blm diberikan merata, dan jika usia orgtua sudah lanjut, yang terberat itu adalah jika laki-laki, karena faktor risiko perburukan Covid-19 jika terinfeksi.

Terlebih jika menggunakan fasilitas umum, sebisa mgkn sebenarnya kita tdk menyentuh apapun, melakukan protokol kesehatan, tdk menjamin jg kita tdk terkena Covid-19, namun setidaknya kita sudah berusaha..
Paling aman memang tdk berkunjung dahulu, atau jika mmg orgtua masih kooperatif utk melakukan protokol kesehatan, ya silahkan saja dengan melihat situasi di bandara (setau saya bukan rapid, tp harus swab PCR test).

Jika utk menjenguk ke jogja, saran saya adalah dgn kendaraan sendiri saja, dgn tentunya tetap melakukan protokol kesehatan, dan ketika bertemu, tdk perlu ke tempat umum, cukup di rumah saja.

Utk seputar Covid-19, silakan lihat penjelasan lengkapnya di https://www.youtube.com/watch?v=kb7G6R4C-TY&t=10s

terimakasih semoga membantu.. semangat selalu.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.