Avatar

plato

26 November 2020 pada 6:04 am

Halo dok !
Saya punya keluhan, yaitu telapak tangan sering berkeringat, kuku bintik-bintik, dan Sedak nafas. Apakah itu gejala kangker ?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
28 November 2020 pada 8:09 am

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutasi) genetik pada sel. Mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini. Bila mekanisme tersebut gagal, sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali.

Gejala yang timbul akibat kanker juga bervariasi, tergantung pada jenis kanker dan organ tubuh yang terkena kanker. Beberapa gejala yang sering dialami penderita kanker adalah:

Muncul benjolan.
Nyeri di salah satu bagian tubuh.
Pucat, lemas, dan cepat lelah.
Penurunan berat badan secara drastis.
Gangguan buang air besar atau buang air
Batuk kronis.
Demam yang terus berulang.
Memar dan mengalami perdarahan secara spontan.

Orang yang berisiko terkena kanker perlu menjalani skrining dan pemeriksaan rutin ke dokter. Contohnya, seorang perokok yang anggota keluarganya pernah terkena kanker, atau seseorang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual tanpa menggunakan kondom.

Seseorang juga perlu memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala kanker, seperti munculnya benjolan di tubuh, penurunan berat badan secara drastis, atau batuk kronis. Deteksi dini kanker dapat meningkatkan keberhasilan pengobatan.

Penderita kanker perlu menjalani pengobatan dari dokter onkologi. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan rutin untuk melihat apakah pengobatan yang diberikan efektif.

Semoga membantu. Terimakasih.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.