Avatar

Weny Abriana

24 November 2020 pada 1:55 pm

Dok, Ank sy usia 1,5 Thn . Di gigi atas SMA bawah trdapat putih2 sprti karies .
Apa kah semacamm itu bisa dibersihkan dok?

Avatar

Weny Abriana

24 November 2020 pada 1:55 pm

Sebelum trlmbat jika ada cara lain buat bersihin karies ank sy dok

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
24 November 2020 pada 2:36 pm

Ibu, kondisi itu bukan karies, melainkan karang gigi. Berbeda dengan karies yang merupakan gigi berlubang, putih-putih di gigi disebut dengan Karang gigi atau disebut juga kalkulus merupakan mineral keras yang menumpuk dan kemudian mengeras di permukaan gigi, di sela gigi, dan juga di bawah garis gusi. Menurut American Dental Hygienists Association, umumnya karang gigi muncul pada usia kanak-anak dan akan semakin meningkat risikonya seiring bertambahnya usia anak.

Karang gigi terbentuk akibat sisa makanan yang terselip di sela gigi dan tidak dibersihkan dengan baik. Sisa makanan ini kemudian bercampur dengan zat lainnya akan membentuk plak yang lama-lama mengeras dan membentuk karang. Plak keras tersebut melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning cokelat, hingga hitam. Karang yang menempel lama di gigi akan merusak gigi anak.

Karang gigi bisa muncul kapanpun setelah si kecil memiliki gigi susu lengkap. Pada usia dua sampai enam atau tujuh tahun ini, biasanya gigi anak lebih rentan untuk mengalami masalah seperti plak atau karang gigi. Di usia ini juga anak memiliki risiko tinggi terkena karies atau pembusukan gigi karena biasanya telah diperkenalkan pada makan-makan manis dan kadar gula tinggi.

Jika memang gigi anak banyak ditemukan karang gigi, bawa anak ke dokter gigi utk dilakukan scaling di dokter gigi. Scaling gigi tidak memiliki batas usia tertentu. Anak Anda bisa saja scaling mulai usia berapapun, asal memang anak Anda sudah punya gigi dan giginya perlu dibersihkan.

semoga membantu ya Bu..

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.