Avatar

nandya karina

17 Agustus 2021 pada 11:20 am

halo doc mau bertanya sempat demam tinggi selama 2 hari setelah turun demamnya badan gatal gatal menimbulkan bintik merah di badan, sudah cek darah trombosit rendah tetapi normal, sudah minum kelapa ijo rutin dan antibiotik dan insidal dr dokter.. skrg berjalan seminggu tetapi masih gatal hanya berkurang sedikit, gimana ya dok biar gatal nya cepat hilang…?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
17 Agustus 2021 pada 2:19 pm

Hai kak, Gatal adalah salah satu masalah kulit yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Masalah gatal ini pada umumnya dapat reda dengan sendirinya,
pada dasarnya rasa gatal bisa terjadi karena adanya rangsangan sensasi gatal yang dibawa oleh serabut saraf. Selain itu, serabut saraf juga bisa membawa sensasi rasa nyeri. Sementara, penyebab dari munculnya rasa gatal juga bisa bermacam-macam. Sebagai contoh, gatal bisa muncul saat Anda mengalami masalah infeksi jamur, bekas gigitan, jerawat, atau kulit mengalami kontak dengan beberapa benda yang bisa memicu sensasi gatal seperti debu atau ulat bulu. Selain itu, munculnya rasa gatal ternyata juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi di dalam tubuh. Saat mengalami reaksi alergi, maka tubuh akan melepaskan histamin (zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi) untuk mengatasinya. Menariknya adalah pelepasan histamin ini kadang kala bisa memicu gatal yang lokasinya cenderung sulit untuk ditemukan dan bisa menjadi penyebab gatal di dalam kulit. Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk mengingat kembali apa saja makanan atau minuman yang Anda konsumsi sebelumnya atau benda-benda apa saja yang sebelumnya Anda sentuh, karena bisa jadi hal tersebutlah yang membuat tubuh mengalami reaksi alergi sehingga akhirnya memicu gatal-gatal yang sulit untuk ditemukan. Meskipun secara umum tidak berbahaya dan rasa gatal di dalam kulit ini bisa mereda seiring dengan waktu, beberapa jenis alergi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Rasa gatal di dalam kulit juga bisa disebabkan oleh: penyakit celiac, masalah tiroid, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, limfoma, kanker dan leukemia. Pada beberapa kasus, gatal di dalam kulit bisa terjadi di seluruh tubuh, tidak hanya di area kulit tertentu saja. Selain itu, kulit mungkin terlihat normal kecuali di daerah kulit yang berulang kali digaruk sehingga terdapat goresan atau lecet.

Mengetahui berbagai macam penyebab gatal tersebut, maka sebaiknya kakak mencaritahu dulu apa yang menjadi penyebabnya, apakah kaka memiliki riwayat alergi, apakah ada makanan yang terlalu banyak mengandung zat pengawet namun sering dikonsumsi? Selain itu apakah kita memiliki hewan piaraan di rumah? kapan terakhir rumah dibersihkan atau sprei kita diganti?

Dengan mengetahui penyebab gatal kita, maka kita akan dapat mengatasi gatal dengan lebih optimal selain dengan obat-obatan yang diresepkan dari dokter.
Baca lebih lanjut di DokterSehat: Apa Penyebab Rasa Gatal di Dalam Kulit? Cek di Sini | https://doktersehat.com/penyebab-terasa-gatal-namun-saat-digaruk-gatal-susah-ditemukan-seperti-jauh-di-dalam/

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.