Avatar

Vanessa Yulianti

18 Agustus 2021 pada 5:42 pm

Selamat sore dok, saya ingin bertanya mengenai orang terdekat saya, dia berusia 23 tahun. Akhir-akhir ini memiliki gejala psikologis yang menyebabkan emosinya tidak dapat terkontrol dan sangat sensitive. Jika dia diejek oleh beberapa anak kecil dia sampai dapat memukul anak tersebut. Padahal sedari kecil dia adalah orang yang sabar dan sangat penurut. Apakah ganggun psikologis ini berbahaya dok?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
20 Agustus 2021 pada 7:55 pm

Hai Kak Vanessa

Ketika ada orang terdekat yang mengalami perubahan kondisi psikis, kemungkinan besar ada pemicu/trigger seperti stressor yang berasal dari hal eksternal, misalnya: kekecewaan yang mendalam, kehilangan orang yang disayangi, kehilangan pekerjaan, sedang beradaptasi pada lingkungan baru (krn baru pindah lingkungan), dll. Jika itu adalah orang yang dekat dengan kita, ayo kita ajak utk sharing dan curhat dari hati ke hati. Semoga itu bisa membantunya mengatasi masalah hatinya.Namun jika tidak berhasil, maka langkah terakhir adalah membawa dia ke psikolog untuk konseling atau ke psikiater utk mendapatkan terapi pengobatan.
Menyakiti orang lain contoh memukul anak kecil, atau marah-marah tidak jelas, bisa merupakan gejala gangguan depresi, atau gangguan bipolar.
Semangat dan berikan support kepada orang terdekat kita.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.