Avatar

Dede Bungsu

18 Februari 2021 pada 11:52 am

Assalamualaiku dok, sayah mau tanya.
Sayah 2thn kebelakang pecandu obat²an dan sekarang lgi mengurangi dosis nya niat berhenti, tpi kenapah y dok saat sayah tdik mengonsumsi sehari ajh efek kesayah nya banyak. Suka cemas mental menurun susah pokus untuk kegiatan aph ajh suka ngaco pikiran sayah banyak rasa takut dan selalu mengantuk kalau emosian tdk terlalu parah.
Sayah mengonsumsi obt sejenih. Xescimer, tramadol hci, arplazolam jipras, mersi, dexstromikopin sama sayah pernah mengonsumsi petavitamin(sabu²). Sayah pengen mental sayah kembali normal dan lepas di obat²an gmn ya dok.
Mohon solusi nya terimakasih.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
20 Februari 2021 pada 3:14 pm

Waalaikumsalam.
Adiksi atau kecanduan obat merupakan kondisi yang harus diterapi secara khusus oleh Spesialis Kesehatan Jiwa (Sp.KJ) atau psikiatri, karena membutuhkan penatalaksanaan teliti dan cermat.
Anda akan tetap diresepi obat-obat yang membuat anda kecanduan, namun dg dosis yg lebih rendah, dan akan dipantau oleh SpKJ. Harapannya adalah tapering off, jadi semakin sedikit dosis yang diminum smpai akhirnya Anda tdk perlu meminum obat psikotropika tersebut alias sembuh.
Semoga Anda segera menemui psikiater (Sp.KJ) yg dapat mengobat adiksi atau kecanduan obat ini.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.