Avatar

Christina Setyaningsih

7 September 2020 pada 8:08 pm

Saya mau tanya karena sudah dua hari ini saya merasa terganggu karena di bagian tengah luar Miss V ada benjolan kecil seperti jerawat. Kalau buat jalan agak nahan sakit. Kira-kira apa itu berbahaya atau tidak? Terus saran atau obat apa yang harus saya lakukan atau saya pakai?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
9 September 2020 pada 11:36 am

Halo Kak Christina,
benjolan kecil pada Miss V seperti jerawat ya bisa saja adalah jerawat atau bisul kecil,karena area kewanitaan luar kita juga masih bertekstur seperti kulit pada umumnya, baru di bagian dalam bertekstur mukosa.
Jika berjalan terasa sakit, cobalah untuk mengompres dengan air hangat 2 kali sehari ketika setelah mandi dan dilihat apakah benjolan memiilki mata (seperti jerawat), dan konsumsi paracetamol atau asam mefenamat sebagai pereda nyeri sementara.
Biasanya, dalam seminggu benjolan akan mereda. Jika masih belum mereda dalam seminggu, dan nyeri masih menetap, kakak bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit Kelamin setempat untuk mendapatkan penanganan yg lebih baik.

Terimakasih.
Semoga membantu.

dr. Eko Budi

dr. Eko Budi

Dokter
9 September 2020 pada 1:11 pm

Selamat siang, dari keluhan yang anda bagikan bisa disebbakan karena semacam abses atau bisul pada vagina, perlu pemeriksaan secara langsung dan pengobatan dengan resep dokter
bila ukuran besar dan berisi nanah maka pelru dibersihkan
silakan periksa ke dokter Sp Kandungan (Sp.OG) terdekat untuk pengobatan lebih lanjut
terima kasih

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.