Avatar

Frili Londang

23 September 2020 pada 9:50 am

Ass..dok sy mau tnya anak sya umr 3 bln lagi batuk berdhak ,dy kn tdk tw kasih keluar lendirnya ap itu tdk apa??

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
23 September 2020 pada 6:00 pm

Kak Frili,

batu berdahak pada anak balita, terutama bayi memang merupakan hal yang sulit bagi ibu dan ayahnya, karena penanganan yang tidak mudah dan tidak sekedar dengan obat.
Pertama, cari tahu apakah ada kondisi lingkungan yang menyebabkan bayi batuk berdahak, apalagi ini bayi 3 bulan, asap rokok atau misal di sekitar rumah ada proses pembangunan (sehingga pasir beterbangan) dapat memicu batuk berdahak. jika memang di rumah ada yg merokok, sy sarankan untuk berhenti. atau pindah dulu (mengungsi ) apabila di sekitar rumah sedang ada proses pembangunan
Kedua, bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya sehingga biasanya setelah batuk akan diikuti dengan muntah lendir beserta susunya (karena bayi 3 bulan belum boleh mengonsumsi makanan apapun selain susu formula atau ASI).
Ketiga, jika memang batuk berdahak sudah berlangsung selama 3 hari, dan tidak kunjung membaik, sebaiknya berobat ke dokter. Dokter akan mampu mendengarkan suara paru bayi, dan apabila banyak lendir di parunya, dokter akan sarankan untuk uap (nebulizer) , dan diberikan obat pengencer dahak sehingga bayi dapat dengan mudah mengeluarkan dahak tanpa harus muntah.

Jangan lupa, jemur bayi setiap hari di rentang jam 7 – 10 pagi, maksimal 15 menit, dengan tetap menggunakan baju, untuk menghangatkan dan membantu proses penyembuhan batuk berdahak.
Semoga membantu.

Avatar

Frili Londang

24 September 2020 pada 6:18 am

Lalu makanan apa2 saja yg tdk boleh dikonsumsi ibu menyusui??
Apa mknan sprti cumi bisa di konsumsi??

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.