Avatar

Siti Fatimah

14 Agustus 2021 pada 12:19 am

Karena Hb saya terlalu rendah dok

Avatar

Siti Fatimah

14 Agustus 2021 pada 12:20 am

Bagaimana mana caranya dok agar HB SAYA NAIK

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
17 Agustus 2021 pada 2:23 pm

Hai kak, hemoglobin salah satu komponen paling penting dalam darah. Terlalu tinggi atau terlalu rendahnya kadar Hb seseorang dapat mengindikasikan suatu kondisi kelainan dalam darah. Ketahui nilai normal hingga bagaimana cara mengukur nilai normal hemoglobin.
Hemoglobin adalah protein dengan kandungan zat besi yang ditemukan di dalam sel darah merah. Keberadaan hemoglobin ini lah yang memberikan ciri khas warna merah pada sel darah (eritrosit). Beberapa penyakit atau kondisi tertentu yang memengaruhi sel darah merah dapat berakibat pada hemoglobin. Umumnya tingkat hemoglobin juga akan meningkat ketika jumlah sel darah merah meningkat. Begitu juga sebaliknya, jika jumlah sel darah merah menurun, maka kadar hemoglobin umumnya juga akan menurun dan hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi tertentu.

Nilai hemoglobin normal dapat berbeda pada setiap orang dipengaruhi dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatannya. Berikut adalah nilai normal hemoglobin: Anak usia 0,5 hingga 4 tahun: 11 g/dL atau lebih | Anak usia 5-12 tahun: 11,5 g/dL | Pria dewasa: 13,5-17,5 g/dL | Wanita dewasa: 12,0-15,5 g/dL | Wanita hamil: 11,0 g/dl atau lebih

Terdapat beberapa jenis jenis anemia yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu. Anemia tersebut antara lain seperti anemia defisiensi zat besi, anemia defisiensi asam folat, dan anemia defisiensi vitamin B12.

Maka, cara termudah utk mengatasi anemia adalah mengonsumsi zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Vitamin dan zat tersebut ada di kacang-kacangan, daging merah, sumsum tulang sapi, kangkung, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Baca lebih lanjut di DokterSehat: Hemoglobin: Fungsi, Nilai Normal, Nilai Tidak Normal | https://doktersehat.com/hemoglobin/

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.