Avatar

Johannes Hotlan Siagian

18 Agustus 2021 pada 11:32 am

Hallo Dokter
saya penderita asam urat dan tekanan darah tinggi
apakah boleh minum kopi dan minum vitamin C ?

Terima kasih

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
20 Agustus 2021 pada 7:48 pm

Asam urat adalah kondisi kelebihan kristal urat di darah, biasanya diakibatkan dari ginjal yang bermasalah untuk membuang kristal urat tersebut, atau konsumsi purin yang berlebihan.
Tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah di atas 140 mmHg utk sistole dan 90 mmHg utk diastole. Tekanan darah yng tinggi terus menerus tanpa pengobatan yang teratur akan mengganggu fungsi ginjal. Fungsi ginjal yang terganggu akan mengganggu metabolisme kristal urat dan menyebabkan tingginya asam urat di badan.
Kopi sendiri di tubuh mampu meningkatkan adrenalin, memicu denyut jantung dan pada akhirnya meningkatkan tekanan darah jika diminum secara berlebihan (yaitu lebih dari 1 cangkir sehari).
Viiramin C yang dikonsumsi berlebihan (>1000 gram sehari) akan memberatkan kerja ginjal , sehingga lama kelamaan mengendap di tubuh jika tidak diimbangi konsumsi air putih yang kurang memadai.

Jadi pada prinsipnya, pertanyaan Bapak adalah pertanyaan yang sangat kompleks penjelasannya. Sederhananya adalah, jika fungsi ginjal Anda baik, maka Anda masih boleh mengonsumsi vit C dan kopi meskipun memiliki asam urat dan hipertensi, dgn catatan, konsumsi kopi secukupnya dan vit C secukupnya. Cara mengetahu apakah kondisi ginjal Anda cukup baik, 1) cek USG ginjal , 2) cek fungsi ginjal dengan pemeriksaan lab ureum dan kreatinin
Semoga menjawab pertanyaan.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.