Avatar

Abi Firmansyah

5 Juli 2021 pada 3:49 pm

Dok, apakah penyakit parkinson dapat sembuh total?

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
8 Juli 2021 pada 5:13 pm

Hai Kak Abi, terimakasih atas pertanyaannya.

Keluarga pasien sering bertanya apakah penyakit Parkinson dapat sembuh total. Hingga saat ini, belum ada obat untuk penyakit Parkinson, namun ada beberapa opsi perawatan, terapi, operasi (untuk sebagian orang), dan obat-obatan untuk mengontrol gejala Parkinson.

Pasien Parkinson juga harus mengikuti pola hidup sehat, pola makan sehat, latihan keseimbangan, serta mendapat dukungan dari keluarga agar pasien dapat tetap dan selalu sehat, aktif, serta menjaga kualitas hidup.

Berikut ini beberapa opsi perawatan untuk pasien Parkinson:

1. Obat Parkinson

Obat-obatan seperti Levodopa, Dopamine agonists, dan monoamine oxidase-B inhibitors biasa digunakan untuk mengontrol gejala Parkinson. Setiap pasien memiliki kebutuhan berbeda dan dokter yang memeriksa pasien secara langsung akan memberi resep obat Parkinson sesuai gejala dan kebutuhan pasien.

2. Terapi

Terapi juga dibutuhkan untuk pasien Parkinson untuk melatih keseimbangan, melatih otot, dan gerak tubuh agar tetap terkontrol.

Beberapa dukungan terapi yang disarankan:

  • Fisioterapi: Untuk melatih gerak dan fleksibilitas tubuh, kebugaran tubuh, serta meredakan otot dan sendi kaku.
  • Terapi okupasi: Melatih pasien agar dapat melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari dengan normal. Terapi okupasi akan membantu mengidentifikasi bila pasien mengalami kesulitan gerak seperti untuk mengenakan pakaian, pergi ke toko, memasak, dan sebagainya.
  • Terapi wicara: Membantu pasien Parkinson yang memiliki gejala kesulitan bicara, kesulitan menelan atau makan.

3. Menerapkan pola makan sehat

Pasien harus mengatur pola makan atau mulai diet sehat untuk mengontrol gejala Parkinson. Contohnya, pasien harus banyak minum air putih, makan sayur dan buah, menjaga berat badan ideal, serta makan sehat setiap hari.

Jadi, walaupun pasien penyakit Parkinson tidak dapat sembuh total, namun bisa tetap menjalani hidup dengan sehat dan aktif bila mengikuti semua perawatan dan pengobatan yang disarankan.

Jika kakak memiliki pertanyaan yang belum terjawab seputar Parkinson, silahkan kunjungi di sini.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.