Avatar

Al 95

26 November 2020 pada 3:08 pm

Selamat sore dok..

Saya ingin bertanya. Saya merupakan pasien hipotiroid selama 5 tahun dan alhamdulillah hormon sudah normal serta untuk 1 bulan ini obat rutin eutyrox dihentikan sementara tetapi masih mengonsumsi obat furosemide..
Pertanyaan saya kenapa muncul gejala seperti keleyengan/ pusing, belakang leher tegang terkadang sakit kepala, badan terasa lemas dan kaku serta pergarakan saya terasa melambat baik fisik maupun pikiran dan satu lagi timbulnya gejala kecemasan berlebih seperti takut akan kematian?…
Apakah ini semua masih bersangkuttan dengan hormon tiroid saya?
Mohon penjelasannya dok? karna jadwal konteol saya masih lama..

TEEIMA KASIH

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
28 November 2020 pada 8:15 am

Penyakit hipotiroidisme adalah kondisi kekurangan hormon tiroid dalam tubuh. Kondisi ini membuat Anda lebih mudah lelah dan sulit berkonsentrasi.
Gejala Hipotiroidisme lain yang diraasa adalah
– Mudah lelah dan pusing.
-Sembelit atau susah buang air besar.
-Otot-otot terasa lemah, nyeri, dan kaku.
-Lebih sensitif pada cuaca dingin.
-Kulit kering, kasar, mudah mengelupas, dan keriput.
-Berat badan naik tanpa penyebab yang jelas.
-Wajah bengkak dan suara menjadi parau.
-Rambut rontok dan tipis.
Hal ini dikarenakan hormon tiroid yg berfungsi untuk membantu metabolisme dan pergerakan tubuh, mengalami penurunan.
Gejala yang Anda rasakan, memang gejala dari hipotiroidisme tersebut. Maka, sangat penting untuk kontrol ke Spesialis Penyakti Dalam yang meresepkan obat utk mengontrol efektivitas obat. Furosemide nya juga bisa menyebabkan pusing atau keleyengan, karena furosemide sendiri berfungsi membuang cairan tubuh. Pada kadar yg berlebih, maka tekanan darah bisa turun dan menyebabkan pusing. Cek tekanan darah secara berkala ketika mengonsumsi furosemide. Ketika tekanan darah di bawah 100/70 mmHg, maka silahkan distop dulu penggunaannya, namun tetap dalam pantauan dokter ya.
Semoga membantu.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.