Avatar

Fikri Utimah

8 Juli 2020 pada 10:58 am

Dok, istri saya sedang hamil muda dan mual parah. Terkadang tidak bisa minum vitamin yang diberikan. Apakah berbahaya jika ibu hamil tidak rutin minum vitamin?

dr. Eko Budi

dr. Eko Budi

Dokter
8 Juli 2020 pada 6:12 pm

Halo, Pak Fikri

Pada trimester pertama kehamilan banyak ibu yang mengalami mual dan muntah karena perubahan hormonal didalam tubuh yang disebut hiperemesis gravidarum. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Kecukupan cairan
  • Kecukupan gizi (karbohidrat, protein, dan lemak)
  • Asupan vitamin dan mineral

Suplemen untuk ibu hamil muda biasanya berisi vitamin, asam folat, dan zat besi. Zat besi penting untuk ibu hamil karena dapat membantu menambah volume darah. Darah ini akan membawa oksigen dan zat gizi untuk janin.

Tidak masalah apabila istri Anda tidak rutin minum suplemen, asalkan asupan makanan dan cairan tercukupi. Sumber zat besi juga dapat diperoleh dari daging merah, kuning telur, dan hati.

Cara untuk mengetahui apakah kekurangan zat besi atau tidak, yaitu perlu dilakukan pemeriksaan lab darah untuk mengetahui kadar hemoglobin. Apabila kadar hemoglobin di atas 11 mg/dl, maka tidak wajib minum suplemen zat besi. Namun apabila kadar hemoglobin di bawah 11 mg/dl, maka perlu mengonsumsi suplemen secara teratur setiap hari.

Apabila muncul keluhan mual atau muntah berat, sehingga tidak ada asupan cairan yang masuk, sebaiknya segera periksakan ke IGD.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin sebulan sekali ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Terima kasih

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.