Avatar

Abi Firmansyah

5 Juli 2021 pada 3:46 pm

Dok, apa ada obat tradisional untuk penyakit parkinson? Bisa tolong dibantu dok? Terima kasih.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
8 Juli 2021 pada 5:11 pm

Hai Kak Abi, terimakasih atas pertanyaannya.

Saya jawab ya.

Belum dapat dipastikan apa obat tradisional penyakit Parkinson. Terapi, obat herbal, atau obat-obatan tradisional hanya membantu perawatan dan untuk melatih keseimbangan dan otot-otot pasien Parkinson agar dapat menjalani hari-hari dengan tetap baik dan sehat.

Pengobatan utama Parkinson tetap harus memenuhi saran dari dokter yang memeriksa pasien secara langsung, ya.

Berikut ini beberapa perawatan pasien Parkinson di rumah, termasuk gaya hidup, pola makan, dan rekomendasi latihan fisik:

  • Konsumsi makanan protein rendah untuk membantu obat bekerja lebih efektif dan menurunkan gejala Parkinson. Makanan tinggi protein dapat mengurangi penyerapan obat Parkinson.
  • Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur untuk merangsang pergerakan usus dan mencegah sembelit pada pasien Parkinson.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E, vitamin C, coenzyme Q10, kalsium, antioksidan, dan asam folat untuk mendukung kesehatan sistem saraf.
  • Latihan keseimbangan secara rutin, seperti dengan olahraga aerobik, peregangan tubuh, yoga, atau jalan kaki dengan pelan. Latihan fisik juga dapat membantu mengontrol gejala Parkinson dan membuat otot tetap lentur dan fleksibel, namun jangan berlebihan ya dan harus tetap hati-hati.
  • Perubahan gaya hidup, menerapkan pola makan sehat, konsumsi obat Parkinson sesuai resep dokter, dan terus melatih keseimbangan tubuh dapat membantu pasien Parkinson agar tetap sehat dan aktif.

Bila Anda, orang tua, saudara, atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala Parkinson, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut secara langsung, agar pasien mendapatkan perawatan terbaik. Pasien Parkinson membutuhkan saran perawatan dan pengobatan dari dokter.

Baca selengkapnya tentang pengobatan Parkinson di sini.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.