Avatar

Agustrina Yacob

20 Agustus 2020 pada 8:49 am

Pagi dokter, saya mau bertanya

Apakah laktosa bisa diminum setiap anak sembelit? Apa bisa probiokid dikonsumsi tiap hari? Usia anak saya 1 tahun 1 bulan. Sejak makan, anak saya sering sembelit dan kotorannya kayak org dewasa besar dan agak keras. Kadang dia BAB 2 hari sekali dan pernah juga hari ketiga baru buang air besar. Pernah 2 kali anak susah buang air besar sampai menangis dan kesakitan.

Kemudian saya periksa dan dokter kasih resep laktosa, vitamin c, dan probiokid. Setelah minum obat, kotoran pertama keluar keras dan yang kedua sudah lembek. Baru tadi malam anak saya minum obatnya. Semoga saja setelah obatnya habis kotorannya bisa lembek. Saat mengedan, saya lihat bagian anus dalamnya kayak bengkak. Saya takutnya ambeien.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
21 Agustus 2020 pada 3:14 pm

Halo Bu,
Salam Sehat
Apakah anak ibu mengkonsumsi susu formula? kalau iya, kemungkinan kadar zat besi dalam sufor nya cukup tinggi sehingga mnyebabkan tinjanya keras. Saran saya, coba ganti merk susu formula yang lain karena sembelit pada anak seringkali diakibatkan dari ketidakcocokan susu yang dikonsumsiny.
Selain itu, laktosa memang bisa diberikan untuk mempercepat BAB, namun, pada dasarnya laktosa itu ada pada produk2 susu sapi/susu kambing loh seperti keju, yoghurt, atau es krim.
anus yang bengkak bisa disebabkan dari gaya gesek antara tinja yang keras dan dinding anusnya.
Untuk memperlancar BAB pada anak juga bisa dengan menggerakkan kaki anak seperti gerakan naik sepeda, atau anak dibiasakan untuk sering duduk agar gaya gravitasi jg membantu tinja untuk turun.

Semoga membantu, terimakasih!

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.