DokterSehat.Com– Kesemutan pada tangan bisa terjadi oleh siapa saja. Beberapa orang mengalami kesemutan karena posisi tidur salah sehingga tangan kerap terhimpit tubuh. Namun, ada juga yang mengalami gangguan kesemutan ini berkali-kali sehingga mengganggu aktivitas kesehatannya.

tangan-kesemutan-doktersehat

Photo Credit: onlymyhealth

Kesemutan yang sering terjadi pada tangan cukup berbahaya dan kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja, berikut ulasannya.

Bahaya kesemutan pada tangan
Kesemutan hingga rasa sakit pada tangan disebut paresthesia jari. Gangguan ini bisa terjadi karena darah di sekitar tangan tidak bisa berjalan dengan lancar saat terhimpit. Selanjutnya rasa yang tidak nyaman ini juga bisa disebabkan oleh gangguan saraf tangan dan gangguan pembuluh darah tubuh.

Penyebab kesemutan pada tangan
Gangguan kesemutan pada tangan bisa terjadi karena beberapa hal di bawah ini:

1. Kekurangan Vitamin B
Vitamin B memiliki fungsi sebagai penjaga sistem saraf tubuh. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh atau alat gerak seperti tangan. Seseorang yang kerap mengalami kesemutan pada kaki disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B atau minum kapsul penambah vitamin B.

2. Diabetes
Kram yang terjadi pada tangan bisa juga terjadi karena kadar gula dalam darah sedang tinggi. Gejala ini kerap muncul karena tubuh mengalami diabetes. Kalau Anda mengalami kesemutan atau kram yang terus-menerus di tangan coba periksa gula darah dengan segera.

3. Carpai Tunnel Syndrome (CTS)
Carpai Tunnel Syndrome atau yang sering dijuluki sebagai sindrom terowongan karpal kerap menyebabkan kesemutan, nyeri, dan mati rasa pada bagian tubuh termasuk tangan. Sindrom ini terjadi pada tubuh karena ada saraf pada pergelangan tangan yang terjepit. CTS bisa terjadi saat Anda menggunakan tangan terlalu lama dalam posisi yang sama.

Mengingat kesemutan pada tangan bisa berakibat fatal, mari lebih bisa menjaga tubuh atau segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kalau kesemutan di tangan sudah mulai mengganggu.