Terbit: 23 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Varikokel adalah varises atau pembesaran pembuluh darah yang terjadi di skrotum dan juga testis. Pembesaran ini terjadi karena banyak hal mulai dari aktivitas yang berat hingga penyakit tertentu. Akibat hal tersebut, pembuluh darah di skrotum hingga yang mengarah ke saluran sperma dan testis ikut mengalami pembengkakan.

7 Tanda Varikokel pada Pria dan Cara Mengatasinya

Varikokel menyebabkan testis terasa sakit dan kadang mengganggu aktivitas. Pada kondisi tertentu bisa menyebabkan gangguan pada fungsi seksual dan juga reproduksi. Oleh karena itu, kondisi varikokel harus segera diatasi secepat mungkin. Berikut tanda dari varikokel yang paling mudah terlihat dan dirasakan.

  1. Muncul benjolan di skrotum

Salah satu tanda yang mudah sekali dilihat dari kondisi varikokel ini adalah munculnya benjolan di skrotum. Benjolan ini muncul dari pembuluh darah yang membengkak cukup besar. Beberapa benjolan yang muncul tidak menyebabkan rasa sakit meski sesekali terasa sakit.

Coba cek kondisi testis Anda dengan baik. Raba perlahan-lahan, kalau muncul benjolan aneh, segera lakukan pemeriksaan agar segera diatasi.

  1. Testis besar sebelah

Pemeriksaan skrotum dengan jari secara perlahan-lahan dilakukan juga untuk mengetahui kondisi dari testis. Pria yang mengalami varikokel biasanya memiliki testis yang ukurannya berbeda. Biasanya salah satu testis akan membesar dengan cukup masif dan terasa sakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Sebenarnya testis sebelah kiri dan kanan memang memiliki ukuran yang berbeda. Namun, perbedaan ukurannya tidak terlalu signifikan. Berbeda kalau terkena varikokel di salah satu sisinya.

  1. Nyeri di skrotum

Skrotum biasanya akan terasa nyeri kalau tidak ada penyangga di bawah. Saat pria tidak mengenakan celana dalam jenis jock strap, kemungkinan terasa sakit akan besar. Rasa sakit ini muncul karena penis terasa tidak nyaman saat pembuluh darahnya yang membesar terkena beban dari testis.

  1. Nyeri saat berdiri dan hilang saat tiduran

Nyeri pada skrotum biasanya kan semakin terasa kuat saat pria berdiri dan berjalan. Rasa nyeri mungkin akan timbul dan tenggelam saat pria berjalan. Namun, rasa nyerinya akan terus muncul dan kadang menyebabkan sensasi tidak nyaman yang terlalu besar.

Rasa sakit yang kuat ini biasanya akan hilang dengan sendirinya kalau pria duduk atau tiduran. Kalau Anda sering mengalami kondisi seperti ini, segera lakukan pemeriksaan agar tidak terjadi gangguan yang lebih parah.

  1. Latihan terlalu besar membuat nyeri di testis lebih kuat

Testis tidak akan kuat kalau pria mengangkat beban terlalu besar atau berat saat olahraga. Gerakan seperti mengangkat beban di punggung atau latihan kaki lain memicu rasa nyeri yang besar. Kalau Anda ingin melakukan olahraga gunakan celana dalam jenis jock strap yang bisa menyangga penis atau compressor.

  1. Kehilangan fungsi seksual

Pembengkakan di area testis menyebabkan gangguan pada fungsi seksual dari pria. Testis yang menghasilkan testosteron tidak bisa berjalan dengan baik. Dampaknya, pria akan mengalami penurunan gairah seksual. Kondisi ini akan lebih parah lagi kalau pria sampai kehilangan kemampuan untuk ereksi dengan maksimal.

  1. Penurunan kesuburan

Pusat dari sperma adalah testis. Kalau organ ini sampai mengalami gangguan, ada kemungkinan pria akan mengalami penurunan kesuburan. Bahkan dari beberapa penelitian yang dilakukan, pria bisa mengalami penurunan kualitas sperma hingga 40 persen. Jumlah ini cukup besar dan bisa berpengaruh besar pada kemampuan pembuahan.

Inilah tujuh hal yang menjadi tanda dari varikokel atau varises yang terjadi pada testis dan area skrotum. Semoga membantu Anda untuk lebih memperhatikan kondisi penis secara menyeluruh untuk mencegah gangguan yang serius.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi