Terbit: 12 Januari 2020 | Diperbarui: 13 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Setiap hari kita mengonsumsi makanan dan minuman demi mendapatkan energi dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh organ tubuh demi melakukan berbagai macam fungsinya. Masalahnya adalah, berbagai makanan dan minuman ini juga bisa membuat usus menjadi kotor. Sebenarnya, seperti apa sih tanda dari usus yang sudah kotor?

Mengalami Hal Ini? Bisa Jadi Usus Sudah Kotor

Tanda Usus Sudah Kotor

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala kesehatan yang bisa kita alami jika usus berada dalam kondisi kotor. Apalagi jika sampai di bagian usus dipenuhi dengan kotoran. Berikut adalah berbagai tanda tersebut.

  1. Mengalami Sembelit

Jika kita mengalami sembelit atau susah buang air besar hingga beberapa hari, maka kotoran di dalam usus pun menumpuk. Tak hanya membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman, penumpukan kotoran ini bisa membahayakan kesehatan. Bahkan, bisa jadi hal ini memicu radang usus buntu yang sangat menyakitkan.

Seringkali, sembelit disebabkan oleh pola makan yang buruk, khususnya yang terlalu banyak lemak atau kurang serat. Hanya saja, beberapa hal lain seperti stres atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

  1. Mengalami Nyeri pada Beberapa Bagian Tubuh

Tak hanya sakit perut, pakar kesehatan menyebut beberapa bagian tubuh lain juga bisa mengalami nyeri akibat usus yang kotor seperti di kepala, punggung, hingga kaki. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai gejala ini karena bisa jadi hal ini menandakan bahwa usus sudah terinfeksi bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lebih serius.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Tubuh yang Mudah Lelah

Tubuh yang mudah lelah tak melulu karena aktivitas fisik terlalu berat atau kurang tidur. Bisa jadi hal ini juga terkait dengan kondisi pencernaan yang buruk, tepatnya usus yang berada dalam kondisi kotor.

Hal ini disebabkan oleh kotoran, sisa makanan, limbah, dan berbagai zat beracun lainnya yang tak kunjung dibuang akan masuk kembali ke aliran darah dan akhirnya mempengaruhi fungsi berbagai macam organ dan membuat kita mudah lelah. Hal ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun drastis dan akhirnya memicu datangnya masalah kesehatan.

  1. Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut tak selalu disebabkan oleh malas membersihkan gigi dan mulut. Dalam realitanya, hal ini juga bisa disebabkan oleh usus yang kotor. Sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan berimbas pada keluarnya gas lewat mulut. Hal ini tentu akan menyebabkan sensasi tidak nyaman.

Mengatasi Usus yang Kotor

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat seperti sayuran atau buah yang tinggi serat demi membantu membersihkan usus. Hal ini juga bisa melancarkan pencernaan sehingga kita bisa membuang kotoran dan berbagai sisa makanan.

Hanya saja, jika kita mengalami sembelit parah yang sulit untuk diatasi meski kita sudah mengubah pola makan yang lebih sehat, sebaiknya segera meminta bantuan ke dokter demi mendapatkan obat atau penanganan medis yang tepat seperti dengan mengonsumsi obat laksatif.

Hanya saja, konsumsi obat laksatif ternyata juga bisa memberikan efek samping tersendiri. Dalam banyak kasus, hal ini bisa memicu diare parah yang akhirnya berimbas pada gejala seperti dehidrasi, mual-mual dan muntah, gangguan keseimbangan elektrolit, terganggunya keseimbangan bakteri di dalam usus, hingga menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Karena alasan inilah kita harus cermat dalam mengonsumsinya dan pastikan bahwa obat ini dikonsumsi sesuai dengan saran dokter.

 

Sumber:

  1. Schaefer, Anna. 2018. Colon Cleanse: What You Need to Know. www.healthline.com/health/digestive-health/pros-cons-colon-cleanse (Diakses pada 12 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi