Terbit: 22 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh bugar? Setiap orang pasti ingin memilikinya, termasuk Anda, bukan? Pasalnya, ketika tubuh bugar maka sederet penyakit berbahaya tidak akan menyerang tubuh. Selain itu, dengan kondisi tubuh yang bugar, segala aktivitas fisik akan terasa mudah dan tidak melelahkan.

Wajib Tahu, Inilah Tanda-Tanda Tubuh Anda Tidak Bugar

Ada berbagai macam cara untuk memiliki tubuh bugar, salah satunya adalah dengan cara berolahraga dengah teratur. Namun, tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut sehingga mereka tidak bisa memiliki tubuh bugar. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang tidak bugar. Apa saja tanda-tanda tersebut?

  • Detak Jantung Melambat dalam Waktu yang Lama

Ketika Anda melakukan olahraga yang memerlukan banyak tenaga, tentunya Anda akan merasakan bahwa detak jantung semakin kencang untuk memompa oksigen ke dalam tubuh. Normalnya, saat olahraga jumlah detak jantung Anda berkisar 140 hingga 190 detak per menit. Jumlah detak jantung akan menurun hingga 20 detak permenit ketika Anda beristirahat. Apabila Anda tidak bugar, penurunan detak jantung akan memerlukan waktu lebih lama. Namun sebaliknya, bila Anda bugar, semakin cepat juga detak jantung Anda pulih.

  • Kehabisan Napas Saat Menaiki Tangga

Naik tangga ternyata memiliki manfaat baik bagi kesehata. Hal ini dikarenakan naik tangga dianggap sebagai aktivitas fisik yang mampu membuat tubuh menjadi sehat dan bugar serta dapat membantu proses penurunan berar badan. Setiap orang akan terengah-engah saat menaiki tangga. Namun, apabila Anda sampai kehabisan napas saat menaikinya, kemungkinan besar itu sebagai pertanda bahwa tubuh Anda tidak sedang dalam keadaan bugar. Kondisi tersebut mengharuskan Anda melakukan aktivitas kardio lebih banyak.

  • Mudah Lelah

Walaupun olahraga merupakan aktivitas fisik yang membutuhkan tenaga lebih banyak dan melelahkan, bukan berarti mereka yang berolahraga secara rutin akan mudah lelah. Sebaliknya, mereka justru tetap bertenaga dan bersemangat sepanjang hari. Berbeda dengan Anda yang tidak pernah olaharaga, maka Anda akan mudah merasa lelah sehingga hal tersebut menjadi pertanda bahwa tubuh Anda tidak bugar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi