Begini Tanda Tubuh Sudah Kelebihan Gula

nilai-gula-darah-normal-doktersehat

DokterSehat.Com– Diabetes terjadi akibat kadar gula darah sangat tinggi. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka organ tubuh akan mengalami kerusakan dan menyebabkan resistensi insulin yang akhirnya berimbas pada ketidakmampuan tubuh dalam mengolah gula dari makanan yang kita konsumsi.

Gejala pertama dari tubuh yang sudah kelebihan gula adalah kecenderungan kita untuk ingin mengonsumsi makanan manis dengan berlebihan. Ketagihan gula ternyata adalah respons alami tubuh jika kita mengalami hal ini.

Hanya saja bukannya puas, kita justru akan semakin ingin mengonsumsi makanan manis meski sudah memakannya dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan oleh toleransi dari indra pengecap kita pada rasa manis yang terganggu dan otak kita yang terus menagih makanan manis karena bisa memberikan sensasi senang dan puas.

Jika kita sudah ketagihan gula, maka risiko untuk terkena gangguan suasana hati juga akan meningkat. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network pada 2015 silam, dihasilkan fakta bahwa gula bisa menyebabkan peradangan pada otak. Kondisi ini bisa memicu depresi atau gangguan suasana hati.

Tubuh yang sudah kelebihan gula darah juga akan mengalami peningkatan berat badan dengan signifikan. Makanan yang kaya akan kandungan gula cenderung rendah protein dan serat sehingga tidak akan memberikan efek kenyang meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Padahal, kandungan kalorinya sangat tinggi. Penumpukan kalori ini akan berubah menjadi lemak di dalam tubuh yang akhirnya membuat berat badan naik dan bentuk badan menjadi lebih gemuk.

Tingginya kadar gula di dalam tubuh juga akan berimbas pada fluktuasi glukosa yang bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah lelah. Selain itu, tingginya kadar gula dalam tubuh juga berimbas pada perubahan hormon insulin yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat atau ruam-ruam pada kulit.

Tanda tubuh kelebihan gula lainnya adalah munculnya karies gigi. Meskipun kondisi ini sering kali terkait dengan kebiasaan malas menyikat gigi, bisa jadi masalah karies gigi juga terkait dengan kadar gula di dalam tubuh. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis akan membuat banyak kandungan gula tertinggal di dalam mulut. Keberadaan gula ini sangat disukai oleh bakteri penyebab karies gigi.