Terbit: 18 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kadar gula darah bisa memberikan pengaruh besar bagi kondisi tubuh kita. Tak hanya mempengaruhi energi tubuh, hal ini juga bisa mempengaruhi risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Lantas, seperti apa sih tanda bahwa tubuh sudah kelebihan kadar gula?

6 Hal Ini Menandakan Tubuh Sudah Kelebihan Gula

Tanda Tubuh Kelebihan Kadar Gula

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa tanda dari kelebihan kadar gula darah di dalam tubuh yang sebaiknya kita waspadai.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

  1. Mulut Kering yang Cukup Parah

Salah satu tanda utama yang jarang disadari banyak orang jika sampai kadar gula lebih tinggi dari normal adalah mulut kering. Hal ini disebabkan oleh adanya masalah gangguan air liur di dalam kelenjar ludah. Masalahnya adalah kondisi ini akan menyebabkan efek samping seperti bau mulut hingga meningkatnya risiko terkena infeksi baik itu karena bakteri ataupun karena jamur.

  1. Mudah Haus dan Ingin Buang Air Kecil

Dampak berikutnya yang akan kita rasakan jika kadar gula darah sudah berlebihan di dalam tubuh adalah mudah haus meski sudah banyak minum. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang sudah mendeteksi kelebihan kadar gula darah sehingga bekerja dengan lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan gula ini lewat urine.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Dampaknya tentu akan membuat kita lebih sering buang air kecil. Karena ada banyak cairan yang terbuang dari dalam tubuh, maka kita pun akan menjadi lebih mudah haus.

  1. Mudah Lelah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, gula bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh. Masalahnya adalah jika kadarnya berlebihan, maka akan membuat tubuh justru menjadi mudah lelah. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai sugar crush. Kadar gula darah yang naik drastis biasanya akan diikuti dengan penurunan kadar gula darah yang akhirnya membuat kita merasa lelah atau mudah mengantuk.

Jika kita juga mengalami gangguan fungsi insulin, maka tubuh juga tidak mampu mengubah gula darah menjadi energi sehingga kita pun akan selalu merasa lelah dan lemah sekaligus membuat kadar gula darah tetap dalam kondisi tinggi.

  1. Mudah Lapar

Jika tubuh kekurangan energi, maka akan mengeluarkan mekanisme mencari sumber energi dengan cara mengeluarkan sinyal lapar. Meski sudah makan dan membuat kadar gula darah meningkat, tubuh tetap saja tidak mendapatkan energi dan membuat kita terus merasa lapar.

  1. Gangguan Penglihatan

Kadar gula darah yang berlebihan bisa merusak pembuluh darah menuju mata sekaligus membuat pembengkakan pada lensa mata. Hal ini tentu akan membuat pandangan menjadi lebih mudah kabur dan tidak jelas.

  1. Perubahan Warna pada Kulit

Warna kulit di beberapa bagian tertentu seperti leher atau buku-buku pada jari bisa saja berubah menjadi lebih gelap jika kadar gula darah sangat tinggi.

Waspada Diabetes

Gejala kesehatan lain yang bisa kita dapatkan jika kadar gula darah sangat tinggi adalah sakit kepala atau pusing. Bahkan, dalam beberapa kasus, hal ini bisa menyebabkan mual dan muntah. Jika kita mengalaminya, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Jika kita didiagnosis sudah mengalami diabetes akibat hal ini, mau tidak mau harus mengubah gaya hidup secara drastis demi mencegah datangnya komplikasi. Jika kita masih belum terkena diabetes meski kadar gula darah sangat tinggi atau dalam dunia medis disebut sebagai pre-diabetes, sebaiknya mematuhi saran dokter untuk menurunkan kadar gula darah kembali menjadi normal dan mencegah datangnya diabetes.

Pastikan untuk menjaga pola makan, kebiasaan berolahraga, dan tidur cukup setiap malam demi mencegah lonjakan kadar gula darah yang bisa membahayakan kesehatan.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2018. Is Diabetes Sneaking Up on You? 6 Early Signs. health.clevelandclinic.org/is-diabetes-sneaking-up-on-you-6-early-signs/ (Diakses pada 18 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi