7 Tanda Tubuh Telah Terkena Batu Ginjal

Doktersehat-gejala-sakit-ginjal

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang wajib untuk diwaspadai adalah batu ginjal. Penyakit ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa saat buang air kecil. Bahkan, penderitanya berpotensi kesulitan untuk buang air kecil karena saluran kemihnya tertutup oleh batu ginjal. Sebenarnya, seperti apa sih tanda-tanda utama dari penyakit ini?

Berbagai tanda dari masalah batu ginjal yang harus kita waspadai

Pakar kesehatan menyebut batu ginjal dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi minuman yang tinggi zat kapur atau beberapa jenis mineral lainnya. Kandungan inilah yang akhirnya bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Berikut adalah beberapa tanda dari masalah batu ginjal yang sebaiknya kita waspadai.

  1. Merasa nyeri saat buang air kecil

Pakar kesehatan menyebut gejala yang paling jelas dari munculnya batu ginjal adalah munculnya sensasi nyeri saat kita sedang melakukan buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh batu ginjal yang sudah cukup padat di dalam ginjal atau saluran kemih yang membuat kita merasakan adanya hambatan yang memicu sensasi nyeri saat buang air kecil. Dalam banyak kasus, hal ini juga bisa menyebabkan urine sulit dikeluarkan dengan tuntas akibat tersumbat batu ginjal.

  1. Munculnya darah saat buang air kecil

Normalnya, urine yang keluar saat buang air kecil akan memiliki warna bening atau kekuningan tanpa adanya campuran apapun, namun bagi mereka yang mengalami masalah batu ginjal, urine ini bisa saja disertai dengan darah dengan warna yang cenderung gelap. Hal ini menandakan bahwa batu ginjal di dalam ginjal atau saluran kemih sudah cukup besar sehingga menyebabkan luka pada bagian tersebut.

  1. Aroma urine sangat menyengat

Selain adanya darah yang ikut keluar bersama dengan urine, terkadang urine juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Hal ini juga menandakan masalah batu ginjal. Hal ini dipicu oleh ginjal yang tak lagi mampu berfungsi dengan baik akibat dari adanya batu ginjal yang mengganggunya. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak zat kima tak mampu disaring dengan baik dan ikut keluar bersama dengan urine saat buang air kecil.

  1. Menyebabkan sensasi mual

Mual-mual dan muntah tidak selalu disebabkan oleh masalah pencernaan. Dalam banyak kasus, hal ini bisa saja terkait dengan masalah batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh fungsi ginjal yang semakin menurun sehingga membuat proses penyaringan limbah dan racun tidak bisa dilakukan dengan baik. Kondisi inilah yang kemudian memicu sensasi mual pada tubuh.

  1. Menyebabkan nyeri punggung

Pakar kesehatan menyebut nyeri punggung yang cukup parah bisa disebabkan oleh masalah batu ginjal. Karena alasan inilah kita harus benar-benar memeriksakan kondisi sakit punggung yang cukup parah ke dokter demi mengetahui penyebab pastinya.

  1. Tubuh yang demam dengan parah hingga menggigil

Jika batu ginjal sudah memasuki saluran kemih, maka akan menyebabkan datangnya luka yang memicu infeksi saluran kemih. Salah satu gejala dari masalah kesehatan ini adalah munculnya demam hingga menggigil. Masalahnya adalah jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan akan menyebabkan gejala yang jauh lebih serius.

  1. Pembengkakan pada ginjal

Batu ginjal bisa saja berukuran kecil dan keluar lewat urine dengan sendirinya, namun di banyak kasus, batu ginjal berukuran besar dan tidak bisa dikeluarkan secara alami oleh tubuh sehingga terjebak di dalam ginjal atau saluran kemih. Jika sampai hal ini terjadi, maka ginjal pun akan mengalami pembengkakan parah yang akhirnya bisa memicu susah buang air kecil atau buang air kecil yang tidak tuntas.