Awas, Inilah 3 Tanda Jika Tubuh Kelebihan Garam!

doktersehat-terlalu-banyak-garam
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Garam adalah salah satu bumbu masak yang sangat sering digunakan oleh setiap orang dalam memasak makanan untuk memberikan rasa lezat. Bahkan, sangking populernya bumbu masak yang satu ini, sampai-sampai ada istilah yang menyebutkan bahwa makanan akan hambar tanpa garam.

Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, bahwasanya garam memang bisa menyulap rasa makanan menjadi lebih nikmat, terlebih jika dicampur dengan micin. Maka tak heran jika begitu banyak orang yang menggabungkan bumbu masak tersebut kepada makanan yang sedang dimasak.

Namun, seperti yang Anda ketahui, terlalu banyak garam juga tidak baik bagi kesehatan yang akan memicu datangnya penyakit berbahaya. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh garam adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi yang memicu datangnya serangan jantung dan stroke. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengontrol jumlah konsumsi garam setiap harinya.

Selain itu, sebenarnya ada tanda-tanda yang bisa menggambarkan bahwa tubuh telah mengonsumsi garam secara berlebihan. Dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Weill Cornell Medicine, ada beberapa tanda bahwa kadar garam di dalam tubuh seseorang sangat tinggi. Tanda tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Mudah Haus

Haus tidak hanya berasal dari tubuh yang kekurangan cairan. Haus pun bisa muncul jika tubuh Anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Terlebih haus tersebut terus-menerus datang, walau sudah minum dalam porsi banyak. Hal tersebut dikarenakan sodium pada garam bisa mengacaukan keseimbangan cairan pada tubuh Anda. Untuk itu, kurangilah garam ketika Anda sering merasa haus yang berlebihan.

2. Tubuh Membengkak

Ketika tubuh terlalu banyak mengonsumsi garam, maka otak akan memerintahkan tubuh agar menahan cairan sebanyak mungkin pada beberapa organ. Hal ini mengakibatkan tubuh akan menjadi sedikit bengkak akibat retensi cairan. Umumnya pembengkakan ini akan terjadi pada jari-jari Anda.

3. Mulut Kering

Perlu diketahui, garam yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi kebingungan dalam membedakan cairan garam dan cairan dari air mineral. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan hormonal, khususnya cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi kering. Salah satunya organ tubuh yang sering mengalami kering ketika terlalu banyak garam adalah bibir.