Terbit: 19 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang paling penting bagi tubuh kita. Tanpa adanya vitamin, maka organ-organ tubuh akan kesulitan untuk berfungsi dengan normal dan kita pun akan lebih rentan jatuh sakit. Masalahnya adalah terkadang kita tidak menyadari bahwa tubuh sedang mengalami masalah kekurangan vitamin.

7 Hal Ini Menandakan Tubuh Kekurangan Vitamin

Berbagai Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa tanda yang akan dikeluarkan tubuh jika sampai kita kekurangan asupan vitamin. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut adalah beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin yang sebaiknya kita waspadai.

  1. Kuku Menjadi Lebih Rapuh dari Sebelumnya

Banyak orang yang menyebut kuku rapuh terkait dengan aktivitas sehari-hari seperti sering mencuci baju atau piring. Padahal, bisa jadi hal ini terkait dengan kekurangan vitamin. Selain itu, kondisi ini juga seringkali terkait dengan menurunnya asupan zat besi yang akhirnya berimbas pada kuku yang menjadi lebih lemah, rapuh, dan berwarna pucat.

Demi mengatasinya, sebaiknya kita memperbaiki pola makan yang bisa membantu kita meningkatkan asupan vitamin dan zat besi layaknya daging-dagingan, sayuran hijau seperti bayam, buah jeruk, dan makanan laut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Mengalami Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh, stres atau pola makan yang buruk bisa menjadi pemicunya. Hanya saja, hal ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin D.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan demi mengatasi hal ini adalah dengan menikmati sinar matahari pagi atau melakukan olahraga yang bisa membantu memperlancar sirkulasi darah sekaligus membuat tekanan darah menurun. Selain itu, kita juga bisa memperbanyak asupan makanan yang tinggi vitamin D seperti daging ikan salmon, susu, dan jeruk.

  1. Sering Mengalami Kram Otot

Demi membantu kontraksi otot berjalan dengan lancar, tubuh memerlukan elektrolit berupa potasium. Sayangnya karena pola makan yang buruk, kita tidak bisa memenuhi asupan ini dan akhirnya mengalami gejala kram otot, khususnya pada bagian betis.

Selain karena pola makan yang tidak sehat, hal ini juga bisa disebabkan oleh diare, muntah-muntah, atau dehidrasi. Demi mengatasinya, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi potasium seperti pisang, alpukat, atau air kelapa yang menyegarkan.

  1. Mudah Lelah

Kekurangan vitamin C akan membuat kita mudah lelah meski sudah makan dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Cobalah untuk menambah asupan vitamin C dengan memperbanyak asupan buah seperti jeruk, nanas, tomat, serta sayuran seperti bayam dan brokoli. Mengonsumsi suplemen vitamin C juga bisa dijadikan pilihan.

  1. Gangguan Kesehatan Tulang

Kekurangan kalsium dan vitamin D bisa berimbas pada menurunnya massa tulang dan akhirnya membuat risiko terkena masalah osteoporosis akan semakin meningkat. Hal ini bisa saja terjadi pada mereka yang sudah berusia lebih dari 30 tahun.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan susu dan vitamin D demi mencegah datangnya masalah ini.

  1. Mengalami Bibir Pecah-Pecah

Jika kita sampai mengalami masalah bibir pecah-pecah, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin B6. Demi mengatasinya, sebaiknya kita memperbanyak asupan buah pisang, ikan tuna, dan ikan salmon.

  1. Susah Buang Air Besar

Tak hanya kekurangan asupan serat, kekurangan magnesium juga bisa menyebabkan masalah susah buang air besar atau sembelit. Ada baiknya kita memperbaiki pola makan agar menjadi lebih sehat demi mengatasi masalah kesehatan ini.

 

Sumber:

  1. Migala, Jessica. 2019. 10 Ways Your Body Is Telling You You’re Running Low on Key Vitamins. thehealthy.com/nutrition/signs-of-vitamin-deficiencies/10/ (Diakses pada 19 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi