Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Puasa sudah kita jalani selama satu bulan penuh, bagaimana jalannya puasa Anda selama ini? Kita tentu sering mendengar bahwa puasa merupakan hal yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Lantas, apa sih tandanya tubuh mendapatkan manfaat kesehatan dari puasa?

4 Tanda Tubuh Berhasil Dapatkan Manfaat Kesehatan selama Puasa

Ya, puasa memang telah terbukti bermanfaat untuk tubuh. Manfaat dari puasa bukan hanya melatih mental atau emosional saja, namun juga dari segi kesehatan.

Selama sebulan penuh berpuasa, tubuh bisa lebih mengistirahatkan organ dan sistem tubuh. Waktu makan yang terbatas hingga anjuran untuk menahan emosi selama berpuasa ternyata memang memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh, lho.

Nah, untuk mengetahui apakah tubuh kita sudah mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari puasa, yuk simak apa saja sih tanda tubuh sudah berhasil mendapatkan manfaat kesehatan selama puasa di bawah ini:

1. Berat badan turun

Studi yang meneliti pada cukup banyak responden dengan beragam ras menunujukkan bahwa salah satu perubahan kesehatan yang dirasakan manfaatnya maksimal oleh tubuh adalah penurunan berat badan.

Hal ini adalah kondisi yang wajar terjadi mengingat waktu makan yang terbatas dan porsi makan sehari yang cenderung berkurang.

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

Rata-rata setiap orang mengalami penurunan 1,2 – 2 kilogram setelah satu bulan puasa. Hal ini akan terjadi meskipun Anda telah mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang dan bervariasi, lho.

Akan tetapi jika Anda tetap menerapkan pola makan sehat dengan porsi yang sesuai setelah lebaran, maka berat badan Anda akan kembali normal.

2. Lingkar perut berkurang

Coba perhatikan, jika Anda biasanya merasa perut Anda memiliki lingkar yang cukup besar, maka setelah sebulan berpuasa dengan menerapkan pola makan sehat umumnya lingkar perut akan berkurang, lho.

Hal ini telah terbukti oleh penelitian yang dilakukan di Indonesia dan merupakan hal yang lumrah terjadi karena berat badan juga ikut turun.

menambah-berat-badan-doktersehat

Photo Credit : pexels.com

Kondisi ini dapat terjadi karena simpanan lemak dalam tubuh berkurang, sumber cadangan lemak paling banyak adalah lemak yang ada pada perut, maka dengan melakukan puasa, pemecahan energi cadangan dari lemak di perut akan semakin besar sehingga lingkar perut cenderung turun.

3. Masalah bau badan hilang

Jika biasanya Anda bermasalah dengan bau badan, maka setelah menerapkan pola makan sehat selama berpuasa, bau badan bukan lagi masalah yang berarti, mengapa?

Hampir berkaitan dengan poin-poin sebelumnya. Selama asupan makan tetap sehat, maka jumlah porsi makanan yang cenderung berkurang dan cadangan lemak yang dibakar lebih banyak akan membuat tubuh bermetabolisme lebih maksimal sehingga fungsi detoksifikasi alami dalam tubuh, yaitu pengeluaran keringat, lebih optimal.

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Detoksifikasi dalam tubuh akan optimal karena metabolisme tubuh yang lebih ringan dan semakin sedikit asupan makanan yang diproses sehingga produksi hasil detoksifikasi, berupa keringat lebih sedikit.

4. Tubuh terasa lebih ringan namun tetap berstamina

Merasa lebih ringan setelah sebulan puasa? Maka hal tersebut adalah tanda bahwa tubuh Anda telah mendapatkan manfaat maksimal dari puasa. Hal ini juga berkaitan dengan proses metabolisme yang bekurang setelah sebulan berpuasa.

Photo Credit : www.pixabay.com

Akan tetapi hal ini bukan berarti Anda merasa lemas ya, karena selama penerapan pola makan saat puasa adalah pola makan yang sehat maka tubuh tetap berstamina dan bisa beraktivitas dengan maksimal.

Nah, dari empat manfaat di atas, salah satunya bisa jadi tanda bahwa Anda sudah merasakan manfaat kesehatan selama puasa. Hal ini sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh yang optimal karena manfaat di atas diperoleh dari hasil metabolisme tubuh yang dapat beristirahat setelah sebulan berpuasa.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi