Tanda-Tanda Munculnya Kanker Penis yang Harus Diwaspadai

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

DokterSehat.Com – Selama ini pria selalu kebingungan dengan masalah impotensi dan ejakulasi dini. Untuk mengembalikan performa seksnya, pria akan melakukan apa saja termasuk menggunakan Viagra atau obat tradisional lainnya.

Selain dua masalah yang sudah umum terjadi, ada satu penyakit yang harus diwaspadai oleh pria terkait kesehatan kelaminnya. Penyakit itu adalah kanker penis yang berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

Berikut beberapa tanda munculnya kanker penis yang harus diwaspadai pria.

1. Muncul kutil pada penis

Kutil bisa saja muncul pada penis kalau pria terkena infeksi HPV. Namun, kutil karena HPV bisa dihilangkan dengan mudah maksimal 4 minggu. Kalau kutil pada penis tidak kunjung sembuh, segera periksa kesehatan lebih dalam karena dikhawatirkan kutil sudah berubah jadi kanker.

2. Perdarahan pada penis

Penis yang sehat tidak akan mengeluarkan cairan selain urine atau air mani. Kalau sampai penis mengeluarkan cairan lain seperti nanah atau darah, bisa jadi ada gangguan di bagian ujung atau dalam.

3. Sakit saat ereksi

Penis yang normal tidak akan sakit saat mengalami ereksi. Kalau Anda merasakan sakit saat ereksi berlangsung, bisa jadi ada gangguan pada penis. Alat vital Anda ini bisa saja terkena peyronie atau yang terparah adalah kanker.

4. Ruam dan infeksi

Kalau penis mendadak memiliki ruam dan infeksi yang cukup parah, segera periksa ke dokter. Tanda ini bisa saja karena penyakit menular seksual seperti klamidia atau kanker penis.

5. Penis berubah warna

Kalau penis berubah warna dari coklat menjadi lebih merah dan sedikit menggembung, ada kemungkinan Anda terkena kanker. Perubahan warna ini biasanya disertai rasa sakit dan juga muncul bau tidak sedap.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, waspadalah. Coba segera lakukan pemeriksaan agar risiko kanker bisa diturunkan.