Kenali 10 Tanda-Tanda Menstruasi akan Segera Tiba Berikut Ini

tanda-tanda-menstruasi-doktersehat

DokterSehat.Com – Memprediksi menstruasi menggunakan kalender kesuburan mungkin tidak akan selalu akurat, terutama karena siklus menstruasi dapat berubah disebabkan oleh beberapa faktor. Selain menghitung tanggal, pada dasarnya kita juga bisa mengenali tanda-tanda menstruasi dari sinyal yang diberikan oleh tubuh, lho! Apa saja tanda-tanda haid yang paling umum dirasakan oleh para wanita?

Tanda-Tanda Menstruasi

Tanda-tanda akan menstruasi biasanya muncul pada 2-3 hari sebelum menstruasi atau dapat juga lebih dalam lagi, tanda-tanda ini biasa disebut dengan PMS atau premenstrual syndrome. Beberapa gejala PMS mungkin tidak hilang hingga hari-hari awal menstruasi.

Apa saja tanda mau haid yang paling sering dialami para wanita? Berikut adalah 10 di antaranya!

1. Wajah berjerawat

Memang tidak semua wanita akan berjerawat sebagai tanda-tanda menstruasi, namun kurang lebih 50% wanita mengalami ini, terutama yang memiliki karakter kulit acne prone.

Munculnya jerawat sebagai tanda mau haid dapat terjadi pada waktu seminggu sebelum menstruasi. Kemunculan jerawat dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan produksi sebum meningkat.

Peningkatan produksi sebum berlebih ini lah yang kemudian memicu terjadinya jerawat. Maka dari itu, sangat penting menjaga kebersihan tubuh dan wajah pada periode ini agar jerawat yang muncul tidak semakin parah. Sebagian besar wanita juga merasa jerawatkan akan membaik dengan sendirinya setelah menstruasi selesai.

2. Kram perut

Tanda-tanda akan menstruasi yang juga umum adalah nyeri perut atau dapat juga disebut dengan dismenore primer.

Tanda yang satu ini termasuk ke dalam tanda PMS dan kemungkinan masih akan bertahan pada hari-hari awal menstruasi. Kram yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, bisa jadi ringan dan bisa juga sangat berat untuk sebagian wanita.

Penyebab dari kram perut ini adalah akibat adanya kontraksi pada rahim. Ketika kehamilan tidak terjadi, lapisan pada rahim akan meluruh. Kontraksi tersebut akan membantu lapisan yang meluruh tersebut untuk keluar dari rahim dan terjadilah yang disebut dengan menstruasi.

Apabila kram yang terjadi tidak wajar dan mengganggu aktivitas Anda selama berhari-hari, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter. Kram perut yang sangat berat saat menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid, stenosis serviks, dan banyak kondisi lainnya.

3. Nyeri punggung bawah

Selain rasa nyeri pada perut, bagian tubuh lain yang mungkin merasakan nyeri sebagai tanda-tanda menstruasi adalah punggung bagian bawah.

Kontraksi rahim menyebabkan pelepasan prostaglandin yang tidak hanya berpengaruh pada perut bagian bahwa, tapi juga pada punggung bagian bawah. Sebagian wanita merasakan nyeri yang nyata pada bagian ini dan sebagian lagi mungkin hanya merasakan sensasi pegal saja.

4. Nyeri payudara

Nyeri lainnya yang juga menjadi tanda mau haid adalah nyeri pada payudara.

Kondisi ini berkaitan dengan peningkatan kadar hormon estrogen pada paruh pertama siklus haid yang merangsang pertumbuhan saluran ASI di payudara. Selain peningkatan kadar estrogen, hormon progesteron juga meningkat di tengah siklus dan menyebabkan kelenjar susu membengkak.

Hal ini lah yang memicu perubahan pada payudara sehingga membuatnya terasa sakit dan bengkak sebelum menstruasi.

5. Perut kembung

Perut kembung bukan berarti Anda mengalami masalah pada pencernaan, tapi bisa juga menjadi tanda-tanda menstruasi pada sebagian wanita.

Tidak jauh berbeda dengan tanda-tanda haid lainnya, kondisi ini juga disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini mengharuskan tubuh untuk menahan garam dan air yang lebih banyak dari kadar normal biasanya.

Baca Juga: 11 Ciri Masa Subur Wanita, Wajib Tahu Jika Ingin Cepat Hamil!

6. Gangguan pencernaan

Selain mengalami perut kembung, sebagian orang mungkin akan memiliki kebiasaan kamar mandi yang berbeda.

Prostaglandin yang dilepaskan tubuh tidak hanya berpengaruh pada kontraksi rahim, tapi ternyata bisa juga berdampak pada kontraksi usus. Hal ini membuat seseorang dapat mengalami masalah seperti diare, mual, hingga sembelit sebelum menstruasi.

7. Perubahan mood

Wanita yang emosinya sedang tidak stabil sering disebut sebagai wanita yang sedang PMS, hal ini terkadang memang ada benarnya/

Tanda-tanda menstruasi yang memengaruhi emosi ini terkadang dapat lebih parah dari perubahan fisik. Ketika PMS Anda bisa jadi akan mengalami perubahan suasana hati, depresi, mudah marah, dan gelisah.

Gejala ini juga masih berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon. Estrogen dapat berpengaruh pada produksi serotonin dan endorfin yang memengaruhi rasa senang seseorang. Sedangkan menurunnya kadar progesteron membuat fungsi menenangkannya berkurang.

8. Sakit kepala

Tanda-tanda menstruasi lainnya yang mungkin terjadi pada wanita adalah sakit kepala atau migrain.

Sakit kepala atau migrain adalah hal yang umum terjadi dan juga dipicu oleh perubahan hormon pada tubuh. Migrain juga dapat terjadi pada saat ovulasi. Namun sama seperti gejala lainnya, berat atau tidaknya migrain juga berbeda-beda pada setiap orang.

9. Kelelahan

Merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang begitu berat? Hal ini mungkin menjadi salah satu tanda-tanda akan menstruasi.

Kelelahan dapat terjadi karena beberapa sebab. Pertama karena kadar hormon yang memang tidak seimbang. Kedua adalah efek dari perubahan mood yang tidak stabil. Penyebab lainnya adalah karena sebagian wanita mengalami kesulitan tidur selama masa sebelum menstruasi.

10. Gangguan tidur

Berbagai tanda-tanda menstruasi yang mengganggu seperti nyeri pada tubuh, perubahan mood, dan migrain dapat berpengaruh pada siklus tidur seseorang.

Menjelang menstruasi, suhu tubuh juga sedikit meningkat dan hal ini berpengaruh pada kenyamanan tubuh. Namun uniknya, sebagian wanita justru merasa lebih sering mengantuk bukan pada jam tidurnya ketika akan menstruasi. Hal ini kemungkinan menunjukkan adanya perubahan siklus tidur yang menjadi kurang teratur menjelang menstruasi.

Itu dia berbagai tanda-tanda haid akan segera muncul. Apakah Anda juga sering merasakannya? Cara mengatasi gejala yang mungkin mengganggu adalah dapat dengan memperbanyak konsumsi air putih, melakukan olahraga ringan, dan dengan tetap menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang.

 

Sumber:

  1. 10 Signs Your Period Is About to Start – https://www.healthline.com/health/womens-health/period-signs diakses 2 Mei 2019
  2. 9 Signs Your Period is Coming Рhttps://www.webmd.com/women/pms/signs-your-period-is-coming diakses 2 Mei 2019