Terbit: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masalah reproduksi wanita yang cukup sering terjadi dan cukup berisiko adalah kista endometriosis. Jenis kista ini terbentuk di jaringan endometrium sekitar ovarium. Kista jenis ini biasanya berukuran besar dan sering membungkus ovarium sehingga wanita susah mendapatkan keturunan.

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

Kista ini tumbuh akibat endometriosis atau tumbuhnya selaput serat adan jaringan endometrium tidak segera diatasi. Akibatnya kista yang cukup berbahaya ini terbentuk dan menyebabkan banyak komplikasi.

Untuk mengenal lebih jauh tentang kista endometriosis coba kenali tanda-tandanya di bawah ini.

1. Nyeri saat menstruasi

Sebelum menstruasi atau saat PMS, wanita memang kerap merasakan nyeri selama beberapa hari. Namun rasa nyeri itu akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh kista biasanya akan bertahan cukup lama dan kambuh lagi saat wanita alami menstruasi.

Kalau Anda mengalami rasa nyeri yang tidak tertahankan saat menstruasi dan kondisi ini abnormal, segera lakukan pemeriksaan sejak dini.

2. Nyeri saat berhubungan badan

Kista yang terjadi pada jaringan endometrium menyebabkan peradangan dan iritasi yang cukup parah. Peradangan ini sering menyebar ke beberapa tempat di sekitar seperti leher rahim dan juga uterus.

Peradangan yang menyebar ini menyebabkan gangguan pada wanita saat berhubungan badan. Mereka akan kerap merasakan nyeri kalau pasangan melakukan penetrasi sedikit intens.

3. Nyeri panggul

Kalau kista yang ada di jaringan rahim itu terus menyebar dan membesar, peradangan akan susah dikendalikan. Dampaknya, rasa nyeri akan menyebar ke organ sekitar termasuk ke area panggul.

4. Susah mendapatkan keturunan

Seseorang yang mengalami kista jenis ini biasanya akan susah mendapatkan keturunan. Sel telur akan susah keluar atau kalau pun bisa dibuahi tidak bisa menempel di jaringan rahim karena tertutup oleh kista.

Nah, mari lebih mewaspadai kista endometriosis agar kesehatan seksual dan reproduksi bisa berjalan lancar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi