Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain mineral, tubuh setiap orang juga terisi dengan berbagai macam nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, zat besi, dan sebagainya. Namun, ada sebuah nutrisi penting yang harus selalu dipenuhi, nutrisi tersebut adalah vitamin.

Waspada, Inilah Gejala yang Ditimbulkan Saat Tubuh Kekurangan Vitamin

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbentuk molekul kecil yang bisa memiliki fungsi penting dalam metabolisme tubuh. Vitamin sendiri dianggap sebagai nutrisi penting yang tidak boleh terlewatkan sedikitpun. Pasalnya, tubuuh yang kekurangan vitamin akan mudah mengalami gangguan kesehatan.

Untuk itu, Anda harus selalu waspada ketika tubuh Anda kekurangan vitamin. Sebab, sebenarya ada gejala dan kondisi yang dikeluarkan sebagai isyarat bahwa tubuh kekurangan vitamin. Apa saja gejala tersebut? Berikut diantaranya:

1. Kulit Kering

Salah satu bagian tubuh yang sering memberi isyarat adalah kulit.  Ketika kulit Anda sering kering walau tak berada pada tempat yang panas sekalipun, berarti Anda kekurangan vitamin khususnya vitamin A dan E. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin tersebut, seperti brokoli, wortel, sayuran hijau, avokad, susu, dan sebagainya.

2. Sariawan

Untuk masalah yang satu ini memang hal yang wajar terjadi, apalagi saat sedang pancaroba. Tapi, sariawan adalah sebuah isyarat dari tubuh bahwasanya Anda sedang kekuarangan vitamin. Mengalami sariawan, berarti tubuh Anda kekurangan vitamin C, vitamin B12, zing, dan asam folat. Maka dari itu perbanyaklah makan makanan sehat seperti buah, sayur, susu, dan kacang-kacangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Masalah Rambut

Asupan vitamin yang cukup diterima oleh tubuh akan membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkila. Begitu pula sebaliknya, saat tubuh Anda kekurangan vitamin, maka akan menimbulkan masalah rambut, seperti kering, rapuh, dan rontok. Itu karenanya rambut kekurangan zat besi dan vitamin D. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin seperti ikan salmon, tuna, daging merah, sayur bayam.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi