7 Tanda Stres Berlebihan yang Dialami oleh Pria dan Wanita

tanda-stres-berlebihan-doktersehat

DokterSehat.Com – Stres yang dialami oleh pria dan wanita mungkin terlihat biasa karena tidak menyerang tubuh secara fisik. Namun, gangguan psikis yang cukup kuat ini tetap memengaruhi tubuh cukup besar. Pria dan wanita bisa saja mengalami kecapaian yang hebat hingga gangguan pada organ seksualnya.

Nah, karena efek dari stres ini cukup besar, kita tidak bisa menyepelekannya begitu saja. Kita harus mengenal atau mengetahui tanda stres pada tubuh dengan baik agar bisa mengatasinya. Terkadang ada beberapa orang yang tidak tahu dirinya sedang stres tapi tanda di tubuhnya susah terlihat dengan jelas.

Berikut beberapa tanda stres berlebihan yang bisa menimpa pria dan wanita

  1. Sakit kepala

Tekanan pekerjaan yang terlalu besar atau karena ada masalah dengan rumah tangga bisa memicu stres yang besar. Hal ini menyebabkan rasa sakit di kepala khususnya di leher bagian belakang. Rasa sakit ini diderita sekitar 67% orang yang sedang alami stres berat.

Penyebab lain dari sakit kepala kronis ini adalah terlalu banyak pengonsumsian alkohol, kurang tidur, dan dehidrasi. Tiga hal ini juga sering dialami atau dilakukan oleh mereka yang sedang stres berat.

  1. Jerawat

Seseorang yang sedang stres biasanya sering menyentuh wajahnya berkali-kali. Hal ini bisa memicu meningkatnya jerawat yang ada di wajah akibat infeksi. Selain karena bakteri atau kotoran yang menempel, perubahan hormon di dalam tubuh juga bisa menyebabkan munculnya jerawat yang kadang susah diatasi.

  1. Sering sakit

Saat sedang stres berlebihan, tubuh akan menghasilkan sedikit sekali daya tahan atau antibodi. Akibat kondisi ini, seseorang akan mudah sekali mengalami sakit meski hanya sekadar flu ringan, batuk, atau gangguan lain yang muncul akibat daya tahan yang terus anjlok. Kalau Anda merasa sedang mengalami stres, coba perbanyak makan buah dan sayur yang punya kandungan antioksidan.

  1. Nyeri hebat di beberapa bagian tubuh

Tingginya hormon yang menyebabkan stres di dalam tubuh menyebabkan rasa sakit kerap muncul di beberapa bagian. Biasanya di area persendian, kepala, kaki, dan tangan kerap nyeri dengan intensitas yang cukup tinggi. Rasa nyeri ini muncul akibat kortisol yang terus memuncak. Rasa sakit ini biasanya akan mereda setelah diberi salep atau setelah stres mereda.

  1. Penurunan stamina

Meski tidak melakukan aktivitas yang berat, stres akan menyebabkan gangguan pada tubuh berupa penurunan stamina. Penurunan stamina ini berjalan secara berkala dan susah diatasi. Biasanya kalau sudah lemas, produktivitas dari pria dan juga wanita akan mengalami penurunan cukup banyak.

  1. Masalah pencernaan

Stres tidak hanya membuat seseorang jadi lemas, tapi juga gangguan pencernaan. Dari penelitian yang dilakukan, sekitar72% penderita stres mengalami sembelit. Kondisi ini muncul akibat adanya inflamasi di usus yang membuat penyerapan terganggu dan pergerakan feses tidak berjalan lancar.

Masalah sembelit yang disebabkan oleh stres ini harus diatasi dengan mengurangi stres pada tubuh. Selanjutnya, mengonsumsi makanan dengan banyak serat juga wajib dilakukan.

  1. Perubahan nafsu makan

Pria dan wanita yang mengalami stres berlebihan biasanya mengalami perubahan nafsu makan yang besar. Perubahan nafsu makan ini bisa dalam bentuk penurunan atau peningkatan yang cukup besar.

Dari beberapa penelitian pada mereka yang mengalami stres, sekitar 62% mengalami peningkatan nafsu makan dan 38% mengalami penurunan. Perubahan ini bisa membuat seseorang jadi mudah sekali kurus atau makan mengalami obesitas.

Inilah tujuh tanda stres berlebihan yang bisa terjadi pada pria dan wanita. Semoga ulasan di atas bermanfaat.