Tanda Samar Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai Pria

kanker-penis-doktersehat

DokterSehat.Com – Kalau wanita memiliki kanker serviks yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, pria memiliki kanker prostat. Kanker jenis ini muncul di kelanjar prostat yang lokasi dekat dengan kandung kemih. Kelenjar ini biasanya mengalami perubahan atau membengkak seiring dengan bertambahnya usia pria atau karena kanker.

Berbeda kanker pada umumnya yang mudah dideteksi, kanker prostat  justru susah dideteksi. Penderita tahu kalau dirinya mengalami kanker saat stadiumnya sudah empat atau fase paling parah.

Penelitian tentang kanker prostat

Dilansir dari Newsweek peneliti dari lembaga bernama Orchid mengungkapkan kalau kanker prostat selalu diketahui setelah stadiumnya lanjut. Setidaknya sekitar 37 persen pasien tahu kalau memiliki kanker setelah stadiumnya mencapai 3 atau empat. Parahnya lagi, hampir separuh dari pasien menganggap gangguannya tidak berbahaya dan tidak langsung ke ahli kanker.

Masalah yang dialami oleh para penderita kanker ini rata-rata sama. Mereka tidak tahu kalau di dalam tubuhnya sudah ada kanker. Terlebih selama beberapa tahun mereka tidak mengalami gangguan yang cukup fatal.

Gejala kanker prostat

Gejala yang dimunculkan oleh kanker prostat cukup kecil dan sering dianggap sebagai gangguan wajar pada tubuh. Berikut gejala kanker prostat yang sering muncul dan kerap tidak disadari:

  • Disfungsi ereksi. Pria selalu menganggapnya sebagai gangguan seksual saja. Padahal kondisi ini juga disebabkan oleh kanker prostat.
  • Sering anyang-anyangan karena tidak bisa mengontrol kandung kemih.
  • Ejakulasi tidak berjalan dengan lancar dan semburan spermanya tidak kuat.
  • Saat buang air kecil pria bisa mendapatkan darah bercampur dengan urine. Kondisi ini biasanya berjalan setelah stadium kanker meningkat.

Demikianlah ulasan tentang kanker prostat yang gejalanya samar terlihat dan wajib diwaspadai oleh pria. Semoga ulasan tentang kanker prostat di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.