Terbit: 17 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sperma yang sehat atau berkualitas memang hanya bisa dilihat dari pengecekan laboratorium. Namun, secara umum sperma yang sehat dan berkualitas biasanya memiliki bentuk yang lancip, pergerakan gesit, jumlahnya sesuai, dan tidak membawa bibit penyakit.

7 Tanda Pria yang Memiliki Sperma Sehat

Meski demikian, untuk mengetahui seorang pria memiliki sperma yang sehat atau tidak ada beberapa hal yang bisa diamati. Secara fisik dan perilaku pria memiliki perbedaan satu dengan lain. Nah, dari perbedaan inilah akan terlihat apakah pria memiliki sperma atau air mani yang sehat atau tidak.

Berikut beberapa tanda pria yang memiliki sperma sehat atau tidak. Tanda ini tidak seratus persen benar, tapi bisa diandalkan untuk acuan sementara.

  1. Lingkar pinggang di bawah 90 cm

Lingkar pinggang pria yang terlalu besar seperti di atas 90 cm berisiko alami banyak gangguan pada tubuh seperti penyakit jantung. Selain itu, obesitas yang terjadi pada pria juga menyebabkan mereka mengalami penurunan testosteron yang berdampak besar pada produksi sperma di testis.

Menjadi pria yang sehat tidak harus membuat Anda jadi sixpack dan memiliki tubuh yang indah. Cukup perhatikan lingkar dari perut. Kalau lingkar perut di bawah 90 cm, kemungkinan besar sperma atau air mani yang dihasilkan pria sehat sehingga pembuahan akan mudah terjadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Pria dengan wajah biasa

Selama ini kita selalu menganggap kalau pria yang memiliki wajah maskulin memiliki sperma yang sehat. Ternyata, berdasarkan penelitian yang di Spanyol dan Finlandia, pria yang memiliki wajah biasa dan tidak terlalu maskulin memiliki kandungan sperma yang baik dan berkualitas.

Peneliti menyebutkan kalau pria yang memiliki wajah maskulin mengalami kondisi bernama tradeoff. Fungsi hormon yang banyak bekerja ke tanda seks sekunder menyebabkan produksi sperma menurun. Sementara itu pada pria biasa, kualitas sperma juga meningkat karena tidak ada konsentrasi hormon untuk tanda seks sekunder.

  1. Pria suka sekali makan ikan

Pria yang suka sekali mengonsumsi ikan memiliki sperma yang jauh lebih banyak dari pria yang makan daging merah. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan kalau pria dengan konsumsi ikan yang cukup banyak memiliki konsentrasi sperma 65 persen lebih tinggi.

  1. Lebih sering mengenakan celana dalam bokser

Pria yang lebih sering mengenakan celana bokser memiliki sperma yang lebih banyak dari pria yang memakai celana dalam jenis brief. Celana dalam bokser akan membuat suhu di area selangkangan terjaga. Kalau suhu naik, kualitas sperma jadi menurun dan jumlahnya kurang dari 20 juta sel.

  1. Rajin berolahraga setiap hari

Pria yang rajin berolahraga akan memiliki kadar lemak yang lebih rendah memiliki kualitas sperma tinggi. Kadar lemak yang lebih rendah menyebabkan produksi sperma di dalam testis berjalan dengan lancar. Olah karena itu, olahraga merupakan salah satu tanda pria yang memiliki sperma berkualitas.

  1. Memperhatikan apa yang dimakan

Pria yang menjaga apa yang masuk ke dalam tubuhnya seperti tidak ada makan makanan berlemak, mengandung banyak gula, dan makan dengan berlebihan biasanya memiliki kandungan sperma yang berkualitas.

  1. Tidak merokok

Merokok menyebabkan pria mengalami gangguan sperma karena aliran darah yang menuju ke testis mengandung racun yang berbahaya. Kalau racun terus masuk ke area testis, kemungkinan terjadi gangguan sperma akan tinggi. Jadi, kurangi aktivitas merokok atau berhenti kalau ingin lebih sehat.

Inilah tujuh tanda pria yang memiliki kualitas sperma dan air mani tinggi. Semoga bisa Anda gunakan sebagai salah satu rujukan yang bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi