Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang kerap menjadi mimpi buruk bagi setiap orang, terutama wanita. Sebab, penuaan dini bisa membuat seseorang menjadi tampak lebih tua, melebihi usia sesungguhnya. Maka tak heran, jika sebagian besar wanita rela melakukan apapun agar tidak mengalami masalah yang satu ini.

Tanda Penuaan Dini yang Bisa Dicegah Sejak Awal Kemunculan

Namun, sebenarnya penuaan dini tersebut bisa ditekan sejak awal kemunculannya. Sebab, penuaan dini selalu muncul disertai dengan ciri serta tanda-tanda. Jadi, jika Anda telah mengalami tanda penuaan dini, maka alangkah baiknya untuk segera mencari solusinya. Agar lebih jelas, berikut adalah ciri-ciri penuaan dini yang bisa muncul sewaktu-waktu.

1. Kulit Kering dan Bersisik

Salah satu ciri penuaan dini adalah dengan keringnya kulit hingga bersisik. Biasanya, kulit kering ini sangat susah diatasi, walaupun Anda telah menggunakan pelembap sekalipun. Kulit kering hingga bersisik dikarenakan tubuh kekurangan cairan sehingga mengalami masalah tersebut. Untuk mengatasinya, perbanyaklah mengonsumsi air putih dan makanan berserat seperti buah dan sayuran.

2. Kantung Mata Membesar

Kulit yang mengering hingga tipis akan membuat struktur wajah menjadi berubah. Salah satu efek atau dampaknya adalah perubahan pada kantung mata. Biasanya, seseorang yang mengalami kekeringan pada kulit wajah akan mengalami pembesaran kantung mata. Selain itu, pembesaran kantung mata juga bisa disebabkan karena stres, kelelahan, kurang istirahat, dan paparan sinar UV.

3. Rambut Rontok

Selain pada kulit, penuaan dini juga bisa ditandai dengan rontoknya rambut. Biasanya, rontok pada rambut memang terkesan biasa saja, namun semakin lama, jumlah kerontokan tersebut akan semakin banyak. Sampai pada tahap itu, barulah seseorang sadar bahwa kulit kepala kekurangan nutrisi yang menyebabkan penuaan dini. Untuk itu, jika Anda mengalami kerontokan rambut yang tiba-tiba, maka segeralah cukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin pada rambut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi