Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya karena faktor usia yang sudah sangat tua, manusia bisa meninggal mendadak karena jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Meskipun sulit untuk diprediksi, para peneliti berusaha untuk mencari tahu seperti apa tanda-tanda orang yang akan meninggal.

Begini Tanda-Tanda Orang yang Akan Meninggal

Dilansir dari National Geographic, dr. Daniel Murrel yang berasal dari University of Alabama, Amerika Serikat menyebut ada tanda-tanda khas yang bisa menandakan seseorang akan segera meninggal.

Menurutnya, orang yang mendekati ajal mulai bernapas dengan cara yang berbeda, termasuk dalam hal mengeluarkan suara berderak atau merintih. Menurut dr. Daniel, hal ini disebabkan oleh kesulitan mereka dalam menelan, batuk, hingga membersihkan cairan, ludah, atau lendir pada tenggorokannya.

Suara berderak atau merintih ini memang berbeda-beda. Meski terlihat menyeramkan, pemilik suara ini tidak merasakan nyeri.

“Jika sudah sampai mengeluarkan suara berderak, merintih, atau geletuk, ada kemungkinan orang ini hidupnya tidak sampai 24 jam,” ungkap dr. Daniel.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Selain suara berderak atau merintih saat bernapas, orang yang akan menemui ajalnya biasanya juga cenderung kebingungan, berkali-kali tak sadarkan diri, mulai mengeluarkan aroma tubuh yang tidak biasa, tubuhnya mulai mengeluarkan memar dengan warna kegelapan, dan kerap menguap demi mendapatkan oksigen yang cenderung semakin berkurang di dalam tubuhnya.

Ahli saraf dr. Cameron Shaw bahkan menyebutkan bahwa ada tanda-tanda yang akan dikeluarkan dalam waktu 30 detik sebelum seseorang meninggal dunia, yakni hilangnya kemampuan berpikir jernih. Fakta ini ia dapatkan setelah membedah otak pasien wanita yang baru saja meninggal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi