Multiple sclerosis atau MS adalah gangguan pada tubuh yang menyebabkan sistem imun justru menyerang tubuh kita sendiri. Kondisi tidak diketahui pemicunya. Namun, setelah mengalami penyakit ini, sistem saraf akan mengalami gangguan, begitu pun di otak.

tanda-ms-pada-wanita-doktersehat

Tanda Multiple Sclerosis (MS) pada Wanita

Tanda multiple sclerosis (MS) pada wanita sedikit berbeda dengan pria. Meski kedua jenis kelamin sama-sama memiliki kesempatan untuk mengalaminya juga. Perbedaan sistem pada tubuh kemungkinan besar menyebabkan gangguan pada tubuh wanita jauh lebih besar.

Dari beberapa studi yang dilakukan terkait dengan masalah multiple sclerosis ditemukan sebuah fakta kalau wanita lebih rentan mengalami penyakit ini hingga tiga kali lebih besar. Nah, tanda apa saja yang dialami wanita saat mengalami multiple sclerosis (MS), simak beberapa ulasan di bawah ini.

  1. Sering Mengalami Kelelahan

Seseorang akan mudah sekali mengalami lelah. Kelelahan ini tidak tahu dari mana datangnya. Beberapa orang mengalami lelah berlebihan tanpa melakukan aktivitas yang terlalu berat. Dampaknya tubuh akan susah diajak untuk bekerja sama.

Rasa lelah akibat multiple sclerosis (MS) tidak sama dengan lelah bisa. Kondisi ini bisa datang setiap hari, semakin parah seiring berjalannya waktu, selalu muncul saat pagi walau Anda tidur dengan nyenyak, mengganggu kehidupan sehari-hari, dan makin parah kalau suhunya panas.

  1. Mengalami Gangguan Penglihatan

Seseorang yang mengalami multiple sclerosis (MS) akan mengalami masalah pada saraf yang ada di mata. Kondisi inflamasi akan sering terjadi dan menyebabkan beberapa masalah yang cukup besar pada kemampuan penglihatan. Seseorang bisa mengalami kebutaan atau hanya sekadar buram saat melihat.

Gangguan penglihatan ini juga penyebab mata susah sekali saat digerakkan. Rasa nyeri akan muncul dan membuat Anda tidak nyaman saat mata terbuka.

  1. Sering Sakit di Beberapa Bagian Tubuh

Beberapa bagian tubuh akan terasa sangat nyeri dan sangat mengganggu saat beraktivitas. Nyeri bisa muncul di wajah, lengan, dan beberapa alat gerak. Rasa nyeri yang muncul memiliki intensitas yang berbeda-beda. Ada yang sangat kuat dan ada yang hanya ringan saja.

Gangguan ini tidak terjadi selamanya. Setelah mendapatkan obat untuk meredakan nyeri aman sembuh. Namun, kemungkinan untuk kambuh lagi sangat besar.

  1. Kerap Mengalami Masalah Berkemih

Seseorang dengan kondisi multiple sclerosis (MS) akan semakin sulit untuk mengatasi masalah berkemih. Gangguan pada saraf yang ada di kandung kemih menyebabkan masalah pada seseorang sehingga kegiatan sehari-hari bisa terganggu.

Kondisi yang dialami oleh 80 persen penderita multiple sclerosis (MS) ini bisa memicu seseorang susah menahan kencing, sering kebelet untuk berkemih, dan susah mengosongkan kandung kemih.

  1. Ada Perubahan pada Kognitif

Sekitar 50 persen orang dengan kondisi multiple sclerosis (MS) agak susah untuk mendapatkan informasi baru. Gangguan kognitif akan muncul dan menyebabkan masalah pada hal lain seperti mempelajari dan mengingat hal baru dengan lebih baik.

Pemahaman saat berbicara khususnya dengan bahasa asing juga akan anjlok. Kondisi ini menyebabkan penderita multiple sclerosis (MS) sering salah paham dengan informasi yang didapatkan.

  1. Rentan Kena Depresi

Depresi juga bisa dengan mudah mengenai mereka yang mengalami multiple sclerosis (MS). Kondisi depresi bisa terjadi selama 2 minggu, bahkan lebih. Seseorang dengan kondisi ini akan merasa tidak nyaman dengan dirinya seperti sedih berkepanjangan padahal tidak mengalami kejadian yang membuatnya jadi sedih.

Hal lain yang menjadi tanda depresi saat memiliki multiple sclerosis (MS) adalah kehilangan semangat untuk melakukan apa pun termasuk bekerja, nafsu makan anjlok, mudah mengalami insomnia, mudah lelah tanpa sebab, perubahan perilaku, dan yang paling berbahaya lagi kalau ada pikiran untuk bunuh diri.

  1. Ada Masalah pada Pencernaan

Seseorang bisa mengalami sembelit, diare, dan kontrol bowel karena multiple sclerosis (MS). Sembelit dan diare mungkin bisa terjadi kapan saja, tapi bisa sembuh dengan penanganan yang tepat. Sayangnya kalau memiliki multiple sclerosis (MS), masalah pencernaan yang terjadi bisa lebih serius lagi.

Kondisi diare hingga sembelit bisa terjadi kapan saja. Hal ini bisa terjadi karena saraf dan otot di usus tidak lagi bisa mengontrol kotoran. Dampaknya kotoran akan lebih cepat dikeluarkan atau kotoran susah keluar dan akhirnya mengalami sembelit.

  1. Otot Jadi Lemah dan Sulit Digerakkan

Gangguan multiple sclerosis (MS) juga menyebabkan masalah pada tubuh khususnya otot. Salah satu tanda yang akan muncul adalah lemahnya otot sehingga tidak bisa digunakan untuk bekerja, berjalan, dan melakukan gerakan apa pun.

Dengan gangguan otot, seseorang akan terganggu saat bekerja, mereka tidak bisa melakukan apa pun. Bahkan untuk berjalan saja mereka bisa jatuh dan akhirnya terluka.

  1. Ada Masalah Hormonal

Masalah pada hormon bisa muncul kalau seseorang mengalami multiple sclerosis (MS). Seseorang dengan kondisi ini akan mudah sekali mengalami PMS dengan kondisi yang jauh lebih parah. Rasa tidak nyaman bisa dirasakan lebih intens hingga wanita yang tidak tahan bisa pingsan.

Saat wanita hamil, gejala multiple sclerosis (MS) sedikit mereda khususnya mulai trimester kedua. Inflamasi di dalam tubuh bisa dicegah dengan baik agar gangguan lain tidak muncul.

  1. Kerap Mengalami Masalah Seks

Wanita dengan gangguan multiple sclerosis (MS) mudah sekali mengalami masalah pada fungsi seksual. Mereka akan susah terangsang dengan baik. Gangguan ini memicu wanita susah sekali mengalami orgasme dengan sempurna.

Seks yang dijalankan juga terasa menyakitkan. Hal ini bisa terjadi karena multiple sclerosis (MS) menurunkan jumlah lubrikasi atau pelumas di dalam vagina.

Inilah beberapa tanda multiple sclerosis (MS) pada wanita. Kalau Anda memiliki beberapa tanda di atas dan dicurigai sebagai multiple sclerosis (MS), ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

 

 

Sumber:

  1. Huizen, Jennifer. 2019. Signs and symptoms of MS in women. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324944.php. (Diakses pada 20 Desember 2019)
  2. Madell, Robin. 2019. MS in Women: Common Symptoms. https://www.healthline.com/health/multiple-sclerosis/common-ms-symptoms-women. (Diakses pada 20 Desember 2019)