7 Tanda Kanker Payudara yang Bisa Dilihat Secara Langsung

tanda-kanker-payudara-doktersehat

DokterSehat.Com – Kanker payudara adalah salah satu penyakit paling mematikan dan kerap merenggut nyawa wanita. Sayangnya, tanda kanker payudara stadium awal jarang sekali terlihat, sehingga wanita yang terdeteksi memiliki kanker payudara biasanya sudah berada pada stadium yang cukup akut dan butuh pembedahan besar.

Tanda Kanker Payudara yang Terlihat

Ada baiknya melihat tanda di bawah ini agar kita lebih waspada dengan kanker payudara yang berbahaya ini. Selain mudah diketahui, Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan terkait ada atau tidaknya kanker. Masalah nanti tidak ada kanker, Anda sudah melakukan langkah yang tepat. Ini dia beberapa tanda kanker payudara yang terlihat:

  1. Perubahan tekstur kulit

Kanker payudara menyebabkan inflamasi di area puting dan areola. Inflamasi atau peradangan ini akan membuat area itu menjadi agak kasar dan juga bersisik. Kulit yang bersisik ini membuat area puting jadi sakit saat disentuh atau bergesek dengan bra atau pakaian yang dikenakan.

Selain ada perubahan pada areola yang menjadi bersisik, kulit di permukaan payudara lain juga jadi tebal. Penebalan ini terlihat jelas saat disentuh. Terkadang kondisi eksim muncul dengan tingkat keparahan berbeda-beda.

  1. Keluar cairan dari payudara

Tanda kanker payudara yang yang kedua yaitu mengeluarkan cairan yang berbeda dengan ASI. Cairan ini keluar saat wanita tidak sedang menyusui dan baunya tidak sedap. Cairan yang keluar dari payudara biasanya memiliki warna kuning, hijau, dan kadang kemerah-merahan.

Keluarnya cairan dari payudara terkadang tidak hanya terjadi karena kanker. Ada kondisi lain seperti infeksi payudara hingga efek KB dan obat yang menyebabkannya. Namun, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, kan?

  1. Perubahan pada kelenjar getah bening

Tanda kanker payudara tidak hanya terlihat dari organ yang terdampak saja. Semakin tinggi stadium dari kanker, sel akan bergerak ke tempat lain. Yang paling sering terjadi adalah kelenjar getah bening atau limfa yang berada di ketiak.

Kalau Ada kanker payudara biasanya kelenjar itu akan berubah warna dan agak bengkak. Kondisi pembengkakan ini mungkin tidak hanya disebabkan oleh kanker payudara, tapi tidak ada salahnya memastikan.

  1. Payudara sakit saat disentuh

Payudara yang mengalami kanker akan sakit saat disentuh. Rasa sakit ini menyebabkan wanita tidak nyaman saat bergerak. Bahkan, saat menggunakan pakaian atau terkena bra saja rasanya sangat sakit. Oh, ya, rasa sakit ini biasanya akan bertahan dan tidak hilang.

  1. Kulit akan mengerut

Beberapa bagian dari kulit payudara ada yang akan berkerut atau muncul cekungan-cekungan kecil. Kondisi ini terjadi karena kelenjar getah bening di area itu mengalami perubahan cukup signifikan. Biasanya tanda kanker payudara akan membuat kerutan disertai dengan warna agak oranye dan kemungkinan besar sakit saat disentuh.

  1. Payudara agak kemerah-merahan

Payudara juga akan mengalami perubahan warna secara menyeluruh. Kulit akan menjadi lebih gelap dan berwarna merah. Pembengkakan sudah terjadi di mana-mana dan menyebabkan organ ini seperti terasa akan melepuh.

  1. Pembengkakan yang cukup parah

Wanita yang mengalami kanker payudara biasanya memiliki pembengkakan yang cukup parah. Payudara jadi agak membesar, tapi tidak terlalu keras. Di beberapa bagian ada gumpalan yang cukup kerap. Gumpalan itu adalah tumor yang sudah memiliki sifat kanker dan menyebar ke sel di sekelilingnya.

Pembengkakan payudara terjadi karena banyak hal. Kalau terjadi karena menstruasi mungkin akan segera sembuh. Kalau pembengkakan tidak kunjung sembuh, Anda sudah wajib untuk waspada dan segera memeriksakan diri karena bisa jadi itu adalah tanda kanker payudara.

Itulah beberapa tanda kanker payudara yang bisa dilihat dengan jelas. Semoga bisa membantu Anda untuk lebih waspada dan mengatasi kanker payudara sejak dini.