7 Tanda Kanker Payudara pada Pria yang Tidak Boleh Diabaikan

tanda-kanker-payudara-pria-doktersehat

DokterSehat.Com – Kanker payudara pada wanita sudah umum terjadi. Namun, pada pria jarang terjadi meski tetap bisa muncul. Setidaknya dari 1.000 diagnosis ada sekitar 1 penderita kanker yang muncul. Di Amerika saja setiap tahun ada sekitar 2.500 kasus baru dan hampir 500 orang pria per tahun meninggal dunia akibat penyakit ini.

Mengingat penyakit kanker payudara yang dialami oleh pria sangat berbahaya dan jarang terdeteksi dari awal, kita harus mengetahui gejalanya. Pria harus bisa mengamati perubahan pada tubuhnya khususnya di area dada. Kalau terjadi perubahan segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar diketahui kondisi terkininya. Berikut beberapa tanda kanker payudara pada pria.

Tanda kanker payudara pada pria

Kanker payudara yang terjadi pada pria ditandai dahulu dengan beberapa hal di bawah ini.

  1. Muncul benjolan aneh di dekat atau basah puting

Tanda kanker payudara yang paling sering muncul adalah benjolan yang terletak di sekitar puting. Pria dan wanita akan mengalami hal yang sama meski pada pria akan terlihat dengan jelas. Dengan ukuran payudara yang tidak besar, sedikit saja terjadi perubahan bisa terdeteksi.

Lakukan pemeriksaan di payudara secara berkala. Kalau ada benjolan yang aneh entah itu sakit atau tidak segera lakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan tumor yang sedang tumbuh berubah menjadi kanker dan tidak bisa dikendalikan dan menyebar ke mana-mana.

  1. Perubahan kulit di sekitar payudara

Kulit di sekitar payudara akan mengalami perubahan. Kalau awalnya kulit di sekitar payudara lembut, kanker akan menyebabkan kulit itu menjadi lebih kasar dan bersisik. Bahkan kemungkinan terasa gatal cukup tinggi.

Kalau Anda merasa tidak memiliki penyakit kulit di sekitar dada dan mendadak mengalami gatal yang berlebihan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Apa pun diagnosis yang akan dimunculkan, setidaknya Anda sudah bersiap-siap sejak dini.

  1. Keluar cairan dari puting

Pria dan wanita yang mengalami kanker payudara mengeluarkan cairan abnormal dari payudara. Cairan ini kadang memiliki aroma busuk dan keluar berkali-kali khususnya saat kondisi tubuh sedang tidak baik.

Cairan dari puting payudara ini merupakan tanda awal kanker memasuki stadium lebih lanjut. Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan agar kanker tidak menyebar ke mana-mana.

  1. Puting sedikit terbalik

Puting payudara akan mengalami perubahan seperti agak terbalik ke bawah. Kondisi ini juga disertai dengan rasa sakit yang intens dan pembengkakan di permukaan payudara.

  1. Puting menjadi lebih rata

Selain puting payudara membalik, kanker juga menyebabkan puting jadi lebih rata dari sebelumnya. Kondisi ini juga disertai rasa nyeri yang cukup intens dan menyiksa.

  1. Pembengkakan kelenjar limfa

Kelenjar limfa atau getah bening juga akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini terlihat dengan jelas di dekat ketiak dan ada perubahan warna yang terlihat mencolok.

Kalau di bawah ketika atau area sekitarnya terasa sakit segera cek. Bila muncul pembengkakan abnormal, segera temui dokter.

  1. Perubahan pada areola

Areola akan mengalami perubahan yang signifikan dari segi warna. Warna areola memang lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Namun, kalau sedang terjadi kanker warnanya akan jauh lebih gelap dan terlihat tidak normal. Perubahan ini akan terlihat kalau hanya satu sisi payudara saja yang terkena kanker.

Berdirilah di depan cermin lalu perhatian areola dengan saksama. Kalau ada perubahan dan saat disentuh terasa sakit, berarti ada yang salah dengan area itu. Segera lakukan pemeriksaan agar tahu apakah area itu sedang alami kanker atau tidak.

Menurunkan risiko kanker payudara pada pria

Secara umum pria bisa mencegah kanker payudara atau kanker jenis apa pun dengan menerapkan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  • Tidak merokok atau mengurangi aktivitas ini dengan maksimal. Kalau Anda bisa mengurangi konsumsi rokok, jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh akan rendah. Seperti yang kita tahu, racun di dalam tubuh bisa memicu sel kanker meningkat dan tumbuh dengan subur termasuk di area payudara.
  • Tidak mengonsumsi alkohol. Minuman jenis ini akan menyuplai racun meski efeknya bisa dirasakan dalam jangka waktu lama. Alkohol juga menyuplai banyak glukosa sehingga kemungkinan mengalami obesitas akan tinggi.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak pengawet. Makanan kemasan baik plastik atau kemasan kaleng bisa menyuplai pengawet di dalam tubuh dan menyebabkan penumpukan selama bertahun-tahun. Lebih baik memasak makanan sendiri dengan bahan-bahan yang lebih segar.
  • Jaga berat badan dengan baik dan jangan sampai mengalami obesitas. Selama ini pria tidak acuh dengan kondisi tubuhnya apakah berlemak atau tidak. Padahal tubuh yang berlemak bisa menyebabkan masalah yang cukup besar mulai dari mengalami penurunan testosteron, mengalami peningkatan estrogen, hingga penurunan gairah dan kemampuan seksual dari seseorang.
  • Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga yang sangat disarankan adalah olahraga yang mampu menurunkan lemak dan menjaga daya tahan. Anda bisa jogging, renang, angkat beban, hingga bersepeda. Lakukan mana saja yang menurut Anda bisa dijalankan dengan konsisten.
  • Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung banyak antioksidan. Makanan jenis ini akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga radikal bebas yang tumbuh termasuk kanker bisa langsung diserang.
  • Sebisa mungkin menghindari tubuh dari paparan zat kimia berbahaya yang bisa memicu sel kanker untuk tumbuh.

Kanker payudara bisa terjadi pada pria dan menyebabkan masalah yang serius. Meski demikian bukan berarti kanker payudara tidak bisa dicegah dan ditangani sejak dini. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan agar bisa hidup dengan sehat setiap hari.