Wah, Ternyata Tahi Lalat bisa Menjadi Tanda Penyakit Kanker Kulit

doktersehat-tahi-lalat

DokterSehat.Com– Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Ada banyak jenis penyakit kanker yang biasa dialami oleh banyak orang, seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker kulit, dan masih banyak lainnya.

Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang juga banyak dialami oleh berbagai kalangan. Penyakit ini disebabkan oleh radiasi sinar matahari terus menerus atau bisa juga karena mutasi DNA di sel epitel.

Meskipun perawatan medis saat ini sudah semakin canggih, akan tetapi alangkah baiknya jika mengenali tanda penyakit kanker sejak dini. Oleh sebab itu, kenali tanda-tanda kanker kulit berikut ini agar Anda bisa mengatasinya sedini mungkin sehingga tidak sampai membahayakan kesehatan.

1. Luka yang tak Kunjung Sembuh

Setiap orang pasti akan mengalami luka, baik terkena benda tajam ataupun karena terjatuh. Umumnya, luka tersebut akan sembuh seiring berjalannya waktu. Atau mungkin luka tersebut akan sembuh ketika telah diobati. Akan tetapi, jika luka yang Anda alami ternyata tak kunjung sembuh, Anda perlu untuk mewaspadainya dan segera memeriksanya ke dokter. Pasalnya, tanda ini menunjukkan bahwa Anda terindikasi menderita penyakit kanker kulit.

2. Muncul Tahi Lalat Secara Tiba-Tiba

Tahi lalat merupakan bintik hitam atau coklat yang ada di kulit. Tumbuhya tahi lalat di kulit sangatlah wajar, sebab hampir semua orang memiliki tahi lalat. Namun, jika tahi lalat muncul secara tiba-tiba, itu bukan hal yang wajar lagi. Bisa jadi Anda mengidap penyakit kanker kulit karena munculnya tahi lalat secara tiba-tiba merupakan tanda utama kanker kulit.

3. Perubahan pada Tahi Lalat

Tahi lalat juga bisa berubah bentuk. Salah satu penyebab perubahan bentuk pada tahi lalat ini juga diakibatkan oleh tanda munculnya penyakit kanker kulit. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti ini, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penangan sedini mungkin.

4. Kemeraha dan Bengkak

Jika di sekitar tahi lalat menjadi merah dan bengkak mirip iritasi, maka kemungkinan besar adalah tanda penyakit kanker kulit. Hal ini dikarenakan sel-sel ganas memicu peradangan di sekitar area tahi lalat sehingga menyebabkan merah dan bengkak. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan menjadi semakin buruk.