Tanda Hormon di Dalam Tubuh Tidak Seimbang

tanda-hormon-tidak-seimbang-doktersehat

DokterSehat.Com – Kerja organ vital yang ada di dalam tubuh manusia dibantu oleh hormon. Biokimia yang dihasilkan oleh kelenjar ini memengaruhi banyak hal mulai dari masalah seksualitas, kesuburan, dan fungsi organ lain untuk pernapasan, pencernaan, hingga respons terhadap rangsangan saat melakukan seks.

Hormon yang ada di dalam tubuh memiliki level yang berbeda-beda. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidak akan baik untuk tubuh. Sementara itu, kalau kadar hormonnya seimbang, kerja organ akan berjalan dengan lancar.

Kalau Anda merasa sering mengalami gangguan pada tubuh, bisa jadi gangguan level hormon. Untuk itu, kenali tanda hormon tidak seimbang di bawah ini.

  1. Jerawat susah hilang dan kronis

Tanda gangguan hormon pertama yang bisa terjadi pada pria dan wanita adalah jerawat yang susah hilang. Setelah muncul di wajah, jerawat akan terus bertahan di sana, bahkan pada kondisi tertentu, jerawat menjadi kronis dan menyebabkan rasa sakit, perubahan warna kulit, hingga perdarahan.

Jerawat jenis ini bisanya disebabkan oleh gangguan hormon. Gangguan ini terjadi terus-menerus sehingga butuh disembuhkan dari dalam juga. Tidak hanya menggunakan obat luar.

  1. Menstruasi tidak teratur

Gangguan hormon yang memicu kondisi PCOS menyebabkan menstruasi mengalami gangguan. Wanita bisa mengalami menstruasi dengan jarak terlalu jauh per siklusnya. Menstruasi yang tidak stabil ini bisa memicu penurunan kesuburan pada wanita karena ovarium tidak akan bekerja dengan maksimal.

  1. Vagina kering

Gangguan hormon pada wanita juga memicu vagina menjadi sangat kering. Meski wanita sudah mendapatkan rangsangan yang maksimal, ada kemungkinan mereka susah menghasilkan pelunas sendiri. Kalau Anda sering mengalami ini segera periksakan diri, bisa saja terjadi masalah kesehatan atau memang mendekati masa menopause.

  1. Mudah mengalami perubahan mood

Perubahan mood terjadi pada seseorang baik pria atau wanita yang mengalami perubahan hormon. Perubahan ini terjadi cukup sering dan tanpa sebab yang jelas. Misal dari awalnya senang mendadak jadi sedih atau malah parah. Kalau Anda mengalami hal ini ada baiknya untuk memeriksakan diri agar jelas apa yang terjadi pada tubuh.

  1. Gairah seks menurun

Fluktuasi hormon baik estrogen atau testosteron di dalam tubuh pria dan wanita akan memengaruhi gairah seks. Kalau estrogen di dalam tubuh pria naik, gairah seks pria akan naik, tapi kalau anjlok signifikan, gairah seks akan turun dengan sendirinya sehingga kemampuan seks akan menurun.

Wanita juga akan mengalami hal yang sama. Kalau hormon seks yang mereka miliki naik dan turun, gairah juga akan terpengaruh.

  1. Gangguan pada payudara

Gangguan hormon yang terjadi pada wanita dan pria akan menyebabkan gangguan pada pria dan wanita. Pada wanita, area dada akan terasa sakit saat disentuh. Kondisinya mirip saat akan menstruasi atau saat sedang hamil. Payudara akan jadi lebih kendur dan membengkak.

Pada pria, kondisi gyncomastia bisa terjadi. Dada akan membesar dengan sendirinya dan mengerucut mirip payudara wanita. Gynecomastia bisa terjadi saat puber atau saat pria sudah dewasa.

  1. Sakit kepala

Saat sedang menstruasi, kadar estrogen di dalam tubuh wanita akan mengalami penurunan. Kondisi ini memengaruhi keluarnya darah menstruasi dan berhentinya ovarium menghasilkan sel telur. Selain darah menstruasi, penurunan hormon di dalam tubuh juga menyebabkan rasa pusing yang sangat mengganggu.

Inilah beberapa tanda dari hormon yang tidak seimbang di tubuh pria dan juga wanita. Semoga bisa kita gunakan sebagai rujukan untuk mengetahui kondisi tubuh dengan baik. Dari tanda di atas, mana saja yang pernah Anda alami