DokterSehat.Com– Semakin banyak orang yang mengalami masalah kecanduan gula. Hal ini disebabkan oleh banyaknya makanan dan minuman yang diolah dengan kandungan gula yang tinggi sehingga membuatnya memiliki rasa yang lebih nikmat. Masalahnya adalah terlalu banyak mengonsumsi gula bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

detoks-gula-doktersehat

Tanda Harus Detoks Gula

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa dilihat dari tubuh yang menandakan bahwa asupan gula kita sudah berlebihan dan sebaiknya segera dikurangi.

Berikut adalah tanda harus detoks gula:

  1. Merasa Jauh Lebih Lamban

Memang, gula bisa menjadi sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas, namun jika kita mengonsumsi gula dengan berlebihan akan membuat kadar hormon insulin menjadi tak terkendali dan hal ini bisa membuat energi menjadi anjlok. Kita pun akan merasa jauh lebih lamban, kurang produktif mudah lelah, mudah mengantuk, dan kurang berenergi akibat hal ini. Padahal, kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari.

  1. Sering Merasa Kembung

Berbeda dengan protein dan serat yang bisa membantu fungsi pencernaan, gula justru bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi dengan berlebihan. Hal ini akan membuat kita lebih sering mengalami gejala perut kembung tanpa sebab yang jelas.

  1. Gula Tak Lagi Terasa Manis

Jika kita mengonsumsi gula dengan berlebihan, maka tubuh akan mengalami dampak seperti menurunkan toleransi pada bahan makanan ini. Hal ini akan membuat kita seperti merasa gula menjadi tak lagi manis, bahkan seperti lebih pahit dan membuat kita merasa kurang nyaman saat mengonsumsinya.

  1. Membuat Susah Berpikir

Jika kita terlalu banyak mengonsumsi gula, maka otak akan lebih rentan mengalami gangguan kognitif atau susah untuk berpikir. Kita juga akan lebih sulit untuk berkonsentrasi, mudah lupa, dan sering bingung.

  1. Mengalami Susah Tidur

Sering mengonsumsi makanan atau minuman manis di malam hari bisa membuat kita lebih rentan mengalami susah tidur. Hal ini disebabkan oleh terganggunya hormon melatonin yang berperan besar dalam mengatur waktu tidur kita dan akhirnya membuat kita susah memejamkan mata.

Manfaat Menurunkan Asupan Gula

Jika kita mau menurunkan asupan gula, maka kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Gula di dalam darah bisa membuat munculnya molekul bernama glycation. Masalahnya adalah glucation bisa merusak kulit dan membuat penuaan dini lebih memungkinkan untuk terjadi. Dengan menurunkan asupan gula, maka kulit pun akan menjadi lebih sehat.

  1. Bisa Menyehatkan Jantung

Konsumsi gula berlebihan bisa mempengaruhi tekanan darah, denyut jantung, dan fungsi saraf simpatik. Dengan menurunkan asupan gula, maka kita bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga dua kali lebih rendah.

  1. Bisa Menurunkan Kadar Lemak Tubuh

Gula tinggi kandungan kalori. Jika kita lebih banyak mengonsumsi gula, maka asupan kalori pun lebih banyak dan bisa memicu penumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan menurunkan asupan gula, maka kita bisa menurunkan asupan kalori yang diharapkan bisa menurunkan berat badan.

  1. Membuat Fungsi Otak Meningkat

Menurunkan asupan gula terbukti bisa membantu fungsi otak meningkat. Kita tidak akan mudah mengantuk, lebih mudah berkonsentrasi, berpikir dengan lebih baik. Kita juga akan menjadi lebih produktif.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurunkan asupan gula terbukti mampu menurunkan risiko terkena diabetes dengan signifikan. Hal ini juga akan membantu mengembalikan fungsi insulin dengan lebih baik.

 

Sumber:

  1. 2019. Signs you need a sugar detox. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/signs-you-need-a-sugar-detox/photostory/71597784.cms. (Diakses pada 17 Oktober 2019).