Terbit: 26 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tiroid adalah kelenjar kecil yang berada di bawah leher setiap orang. Meski ukurannya kecil, kelanjar dengan bentuk kupu-kupu ini memiliki peran yang besar. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ini memengaruhi kerja dari beberapa organ di tubuh seperti metabolisme yang dilakukan oleh sel dan peredaran darah.

7 Tanda Anda Mengalami Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Gangguan pada tiroid yang menyebabkan kelenjar ini tidak bekerja dengan maksimal bisa menyebabkan masalah yang cukup serius. Oh ya, gangguan tiroid bisa terlihat dari tes laboratorium, tapi beberapa tanda pada tubuh bisa mengisyaratkan ada tidaknya kesalahan pada fungsi kelenjar.

Tanda gangguan fungsi kelenjar tiroid

Tanda gangguan tiroid pada tubuh sering mirip dengan gangguan tubuh biasa. Akibatnya kita sering tidak acuh dan menganggapnya tidak menjadi masalah. Berikut beberapa tanpa gangguan tiroid yang harus diperhatikan baik-baik.

  1. Terjadi perubahan pada tekanan darah

Salah satu gangguan paling umum dari kelenjar tiroid adalah hipotiroidisme dan hipertiroidisme. Dua kondisi ini menyebabkan gangguan pada tekanan darah. Seseorang bisa mengalami perubahan pada tekanan darahnya seperti sering tinggi dan sering rendah.

Perubahan ini biasanya tidak diikuti oleh gangguan lain pada tubuh. Misal tubuh jadi semakin lemas atau sedang sakit. Kalau Anda mendadak mengalami perubahan tekanan darah yang tidak normal, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Perubahan suhu tubuh

Kelenjar tiroid mempengaruhi metabolisme pada tubuh. Kalau tubuh mengalaminya kenaikan suhu yang cukup signifikan dan membuat seseorang seperti mengalami hot flushes, kemungkinan besar sedang mengalami hipertiroidisme.

Sebaliknya kalau Anda mengalami hipotiroidisme, suhu tubuh akan lebih anjlok dari kondisi normal. Lakukan pengecekan rutin harian saat sebat untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan suhu.

  1. Perubahan berat badan yang terlalu besar

Seseorang yang mengalami hipertiroidisme akan mengalami perubahan berat badan yang signifikan. Perubahan ini menyebabkan orang yang mengalami gangguan ini tidak bisa gemuk karena metabolisme yang terjadi cukup besar.

Kalau penambahan berat badan terjadi lebih cepat, ada kemungkinan terjadi hipotiroidisme. Metabolisme yang turun menyebabkan kadar lemak di tubuh terus menumpuk.

  1. Perubahan gairah seksual

Kondisi hipertiroidisme menyebabkan gairah seksual dari seseorang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami peningkatan libido berlebihan dan kadang susah mengontrolnya dengan baik.

Kondisi hiperseks yang dialami akan mengganggu hubungan pasangan kalau tidak bisa sama-sama memenuhi kebutuhan. Oh ya, kondisi hipotiroidisme juga menyebabkan masalah pada pasangan dalam bentuk penurunan gairah seksual.

  1. Depresi dan kecemasan yang berlebihan

Hipotiroidisme yang tidak terdeteksi dan semakin parah bisa menyebabkan masalah pada mental seseorang. Kondisi seperti depresi yang cukup parah hingga kecemasan yang berlebihan bisa terjadi.

Oh ya, kondisi depresi ini bisa terjadi hampir setiap saat. Jadi, ada baiknya kalau Anda segera memeriksakan diri ke dokter kalau terjadi masalah pada tubuh.

  1. Pengeroposan tulang dan gigi

Pengeroposan tulang dan gigi bisa terjadi karena ada gangguan pada kelenjar tiroid. Kondisi ini membuat kalsium di dalam tulang dan gigi menjadi keropos sehingga gigi berlubang dan kondisi seperti osteoporosis terjadi.

Imbangi kondisi ini dengan mengonsumsi susu dan makanan yang mengandung kalsium. Jangan lupa untuk berjemur setiap pagi agar vitamin D juga bekerja dengan maksimal untuk mencegah pengeroposan.

  1. Gangguan pada rambut

Gangguan tiroid juga menyebabkan gangguan pada rambut. Gangguan pada rambut ini bisa terjadi dalam bentuk rusaknya helai hingga rontok. Oh ya, kerontokan ini tidak hanya terjadi pada kepala saja, alis dan kumis pun juga bisa mengalaminya.

Cara mengatasi gangguan tiroid secara alami

Tiroid bisa menyebabkan masalah kalau terjadi gangguan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasinya.

  1. Mengonsumsi sayuran laut

Beberapa jenis sayur dari laut seperti rumput laut baik untuk kesehatan kelenjar tiroid. Cara terbaik untuk menyembuhkan gangguan adalah dengan mengonsumsinya secara rutin baik diolah dalam kondisi segar atau diolah setelah menjadi nori.

Rumput laut memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh yang salah satunya adalah mengandung yodium. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan kelenjar tiroid mengalami pembengkakan

  1. Mengonsumsi makanan dengan perlahan

Kelanjar tiroid berpengaruh pada kecepatan metabolisme tubuh. Kalau Anda mengonsumsi makanan secara perlahan-lahan, tubuh akan mudah menerima dan memberikan sinyal pada tubuh untuk segera meningkatkan proses metabolisme.

  1. Lakukan latihan yoga

Lakukan latihan yoga secara rutin setiap harinya. Ternyata melakukan yoga bisa menyebabkan fungsi kelenjar di tubuh berjalan dengan lancar. Lakukan beberapa gerakan terbaik seperti asasana atau servangasana.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan ponsel

Disadari atau tidak kalau penggunaan ponsel yang terlalu berlebihan untuk menelepon juga menyebabkan hal buruk pada tubuh. Kemungkinan besar radiasi akan mengenai kelenjar tiroid dan membuat gangguan semakin parah.

Sebisa mungkin untuk menggunakan headphone kalau mau mendengarkan musik atau telepon. Dengan melakukannya Anda sudah menghindari terjadinya radiasi yang berlebihan.

  1. Masak beberapa jenis sayuran

Beberapa dari Anda mungkin ada yang terbiasa mengonsumsi sayuran secara mentah. Mengonsumsi sayuran yang belum dipanaskan memang memberikan manfaat. Namun, tidak untuk beberapa jenis sayuran dalam kategori sayuran cruciferous.

Sayuran jenis cruciferous ini memiliki kandungan bernama goitrogens yang buruk untuk kelenjar tiroid. Oleh karena itu kalau Anda ingin mengonsumsi sayuran seperti kubis, bunga kol, dan brokoli harus dimasak dahulu hingga matang.

Demikian ulasan tentang tanda gangguan tiroid yang terjadi pada tubuh. Semoga ulasan di atas bisa kita gunakan sebagai acuan untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan tiroid pada tubuh. Selanjutnya kalau muncul tanda yang tidak diinginkan, kita juga bisa segera mengatasinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi