Terbit: 21 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Banyak minum air bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, namun jika kita berlebihan meminumnya, juga bisa memberikan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Lantas, seperti apa sih tanda bahwa tubuh sudah berlebihan minum air putih?

7 Tanda Kita Berlebihan Minum Air

Tanda Berlebihan Minum Air Putih

Berlebihan minum air putih tak hanya akan membuat kita lebih sering buang air kecil. Dalam realitanya, hal ini juga bisa membuat kita mengalami gangguan keseimbangan mineral dan elektrolit.

Berikut adalah beberapa dampak kesehatan yang bisa didapatkan jika kita berlebihan minum air putih.

  1. Beberapa Bagian Tubuh Membengkak

Membawa botol minuman sendiri memang bisa membantu melawan dehidrasi. Apalagi jika kita sedang beraktivitas di luar ruangan atau sedang menghadapi cuaca yang sangat panas. Sayangnya, tanpa disadari hal ini bisa membuat kita sering minum atau mengisi ulang botol minuman tersebut sehingga membuat asupan air putih menjadi berlebihan.

Asupan air putih berlebihan akan membuat kadar sodium di dalam darah menjadi terlalu rendah dan akhirnya bisa membuat beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk otak. Hal ini tentu akan mengganggu fungsinya dengan signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Urine Sangat Jernih

Pakar kesehatan Tamara Hew-Butler dari Oakland University, Rochester, Amerika Serikat menyebut tubuh manusia sudah memiliki mekanisme tersendiri untuk melawan dehidrasi dengan mengeluarkan rasa haus jika asupan cairan kurang. Hanya saja, jika kita minum dengan berlebihan, akan menyebabkan dampak seperti urine yang sangat jernih layaknya air putih.

  1. Sering Buang Air Kecil, Termasuk Saat Tidur Malam

Jika kita minum dengan berlebihan, maka tubuh akan berusaha untuk membuang kelebihan cairan ini dengan membuat kita lebih sering buang air kecil. Masalahnya adalah terkadang keinginan untuk melakukannya ini bisa berlebihan, yakni setiap beberapa puluh menit sekali sehingga membuat kita tidak tenang melakukan aktivitas. Bahkan, bisa jadi hal ini akan membuat kita berkali-kali terbangun saat tidur malam.

Jika kita terlalu banyak minum saat suhu udara sedang sangat dingin, efek sering buang air kecil ini bahkan bisa semakin parah.

  1. Merasa Mual

Jika berlebihan minum air, maka kita juga akan rentan terkena gejala mual-mual atau ingin muntah. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang bekerja dengan jauh lebih keras demi menghilangkan kelebihan cairan dan akhirnya menyebabkan efek tidak nyaman pada perut. Tak hanya mual dan ingin muntah, bisa jadi hal ini juga akan berimbas pada diare.

  1. Mudah Mengalami Sakit Kepala

Tak hanya karena dehidrasi, kelebihan cairan tubuh juga bisa menyebabkan gejala sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kadar sodium di dalam darah yang berkurang dengan drastis dan akhirnya membuat sel-sel membengkak. Otak pun akhirnya mengalami pembengkakan dan menekan bagian tengkorak sehingga memicu gejala sakit kepala ini.

  1. Mudah Terkena Kram

Minum air terlalu banyak akan merusak keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan akhirnya mengganggu fungsi dari beberapa organ seperti otot. Kita pun akan lebih mudah mengalami kejang atau kram otot yang membuat sensasi tidak nyaman.

  1. Merasa Sangat Lelah

Jika kita minum air dalam jumlah yang sangat banyak, maka hal ini akan membuat kinerja ginjal menjadi semakin berat. Hal ini akan menyebabkan efek berantai lainnya, yakni kekacauan hormon yang berimbas pada tubuh yang lebih mudah stres atau kelelahan. Kita pun seperti tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian.

 

Sumber:

  1. Hursh Lianna. 2019. 9 Signs You’re Drinking Too Much Water. https://www.thehealthy.com/hydration/drinking-too-much-water/ (Diakses pada 20 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi